oleh

Bunda, Ini Cara Sederhana Ajarkan Anak Beramal Sejak Dini

PortalMadura.Com – Beramal atau sedekah merupakan kegiatan baik yang diajarkan dalam semua agama. Bentuk amal pun beragam, bisa berupa materi atau lainnya. Kebiasaan berbagi kepada sesama ini perlu dipupuk sejak dini terutama untuk anak.

Hingga sudah menjadi kewajiban bagi orangtua untuk mengajarkannya pada anak-anak. Dilansir dari laman Popmama.Com, Selasa (27/4/2021), berikut cara sederhana yang bisa orangtua lakukan dalam mengajarkan anak beramal:

Membagikan Alat tulis Untuk Anak Jalanan

Tak hanya dalam bentuk makanan, sebagai orangtua Anda mungkin juga bisa mengajarkan beramal dengan membagikan buku serta alat tulis untuk anak jalanan. Biasanya anak jalanan sering ditemui sedang mencari nafkah dengan cara mengamen, mengemis, atau memulung. Sehingga akses pendidikan bagi anak-anak jalanan seperti itu kurang diperhatikan. Ajak anak untuk memberi buku tulis, buku gambar, atau bercerita yang dilengkapi dengan alat tulis. Ajarkan anak-anak jalanan tersebut cara menggunakannya. Cara sederhana ini mungkin dapat menjadi hiburan di kala waktu luang para anak jalanan.

Menyisihkan Uang Jajan

Selain untuk ditabung, uang jajan yang berhasil disisihkan juga hendaknya diarahkan untuk membantu orang lain. Ajak anak untuk selalu memasukkan sisihan uang jajannya ke dalam kotak amal di masjid atau mungkin kotak amal untuk yatim dan dhuafa yang berada di supermarket.

Mengirimkan Makanan Untuk Anak Panti

Anda juga bisa saja mengajarkan anak untuk beramal dengan cara mengirimkan makanan ke anak-anak di panti asuhan. Ajak si Kecil berbaur bersama dengan anak-anak panti asuhan lainnya. Dengan demikian, anak akan terbiasa untuk beramal dan bisa mendapat pelajaran kehidupan.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Popmama.Com

Komentar