oleh

Manfaat Rumput Laut Untuk Kesehatan Si Kecil

PortalMadura.Com – Rumput laut merupakan salah satu makanan sehat yang bisa diberikan kepada anak dan dapat diolah dalam bentuk sushi, sup, semur, salad, atau tumisan. Rumput laut ada beberapa jenis, antara lain nori, aonori, kelp, wakame, dulse, dan kombu. Warnanya pun bervariasi, mulai dari hijau, merah, cokelat, hingga kehitaman.

Tumbuhan yang termasuk dalam kelompok alga ini memang kaya akan nutrisi penting yang baik untuk anak. Seperti yang dilansir dari laman Alodokter.Com, Selasa (27/4/2021):

Mencegah Obesitas

Mengonsumsi rumput laut mampu membantu menjaga berat badan Si Kecil tetap ideal, sehingga ia terhindar dari obesitas. Hal ini dikarenakan rumput laut rendah kalori.

Menjaga Kesehatan Jantung

Rumput laut merupakan salah satu jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, kandungan kalium dan antioksidannya yang cukup tinggi mampu menjaga tekanan darah tetap stabil.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan protein, vitamin A, vitamin C, dan antioksidan dalam rumput laut bermanfaat dalam menjaga daya tahan tubuh anak.

Mendukung Tumbuh Kembang

Dalam rumput laut terkandung protein, karbohidrat, serta aneka vitamin dan mineral penting, sehingga konsumsinya dapat mendukung pertambahan berat badan anak serta mendukung perkembangan otaknya. Kandungan kolin, omega-3, dan protein pada rumput laut juga baik untuk menunjang kecerdasan Si Kecil.

Meningkatkan Fungsi Tiroid

Tiroid memiliki peran besar dalam proses metabolisme tubuh dan pertumbuhan anak. Salah satu sumber yodium alami yang paling baik adalah rumput laut. Dengan tercukupinya asupan yodium, proses tumbuh kembang Si Kecil akan berjalan lebih lancar, dan ia pun bisa terhindar dari penyakit hipotiroid.

Menjaga Kesehatan Saluran Cerna

Manfaat rumput laut untuk anak berikutnya adalah mendukung kesehatan saluran cerna. Manfaat ini dapat diperoleh karena rumput laut mengandung serat dan prebiotik. Prebiotik bermanfaat untuk menjaga pertumbuhan bakteri baik di ususnya.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar