oleh

Bunda, Ini Cara Stimulasi Pendengaran Bayi Sejak Dini

PortalMadura.Com – Bayi baru lahir sudah dapat mendengar dengan cukup baik, walau belum sempurna. Telinga bayi baru lahir juga masih belum berkembang dengan baik sehingga belum bekerja secara maksimal dan baru bisa merespons suara dengan nada tinggi saja. Untuk itu, Anda perlu memberikan rangsangan guna membantu pendengaran si kecil.

Dilansir dari laman Alodokter.Com, Sabtu (27/2/2021), berikut cara merangsang pendengaran bayi agar fungsi pendengarannya bekerja dengan baik:

Ajak Bicara Sejak Bayi Masih Dalam Kandungan

Bayi sudah memiliki kemampuan mendengar sejak dalam kandungan, yaitu ketika usia kandungan mencapai 16 minggu. Pada tahap ini, Anda dapat mengajak si kecil berbicara untuk merangsang kemampuan mendengarnya. Biasanya, bayi akan memberikan respons dengan mengubah posisi kepala saat mendengar suara yang ia kenal.

Biasakan Berkomunikasi Dengan Bayi Setelah Lahir

Setelah lahir dan sudah mencapai sekitar 3 bulan, bagian otak bayi yang mengendalikan fungsi pendengaran akan berkembang pesat dan semakin aktif. Ia bahkan sudah mulai bisa mengeluarkan suara dengan mengoceh.

Putarkan Musik dan Lagu

Bayi akan senang mendengar berbagai suara, Tak hanya bunyi lagu atau musik, si kecil bahkan bisa saja menyukai suara-suara lain, misalnya suara tutup panci atau bunyi keran air.

Bacakan Dongeng

Untuk merangsang pendengaran bayi, membacakan buku atau mendongeng juga bisa menjadi pilihan Anda. Bayi akan menyukai suara ibunya, baik ketika membacakan buku atau mendendangkan lagu, karena suara ini sudah sangat ia kenal sejak dalam kandungan.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar