oleh

Penerima PKH di Sumenep Susut 4 Ribu Lebih PKM

PortalMadura.Com, Sumenep – Penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mengalami pengurangan pada tahun 2021.

Koordinator Kabupaten (Korkab) PKH Sumenep, Moh. Yasir menyebutkan, pengurangan jumlah penerima PKH diperkirakan mencapai 4.605 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Selamat Ibadah Puasa

“Tahun 2020 tahap empat sebanyak 66.209 KPM, tahun 2021 menjadi 61.604 penerima pada tahap pertama,” katanya, Sabtu (27/2/2021).

Berkurangnya jumlah penerima program tersebut lantaran ada beberapa faktor. Di antaranya, tidak adanya komponen yang masuk kriteria penerima. “Tidak masuk komponen itu karena sudah lulus SMA, dan juga dinilai sudah mampu dan sejahtera,” terangnya.

Data penerima program PKH bisa mengalami perubahan sesuai dengan situasi dan kondisi. Namun, nominalnya tetap seperti semula.

“Untuk anak yang jenjang pendidikan sekolahb dasar Rp.900 ribu, SMP Rp. 1,5 juta. Sedangkan tingkat pendidikan SMA/sederajat Rp.2 juta dalam setahun,” terangnya.

Kriteria lain yang berhak mendapatkan program PKH yakni, lanjut usia di atas 60 tahun. “Itu maksimal satu orang dalam keluarga,” katanya.

Ia menjelaskan, program bantuan PKH dicairkan setiap tiga bulan sekali dalam empat tahap. Mulai dari Januari, April, Juli dan Oktober. “Itu dicairkan melalui Bank Himbara,” jelasnya.

Jumlah total pencairan program PKH tahap satu tahun 2021 di Sumenep mencapai Rp.39.079.550,”.(*)

Penulis : Taufikurrahman
Editor : Raudatul Fitrah

Komentar