Bunda, Inilah 7 Hal Penting dalam Mendidik Anak Usia 4 Tahun

Avatar of PortalMadura.Com
Bunda, Inilah 7 Hal Penting dalam Mendidik Anak Usia 4 Tahun
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Anak yang sudah menginjak umur 4 tahun pastinya sangat aktif saat bermain. Semakin aktif dalam bermain menjadi kewajiban orang tua untuk selalu mengawasi agar anak dapat bermain dengan aman dan nyaman.

Di usia ini pula mereka sudah mulai dapat berinteraksi dengan baik dengan orang lain di sekitarnya. Jadi, hal apa saja yang perlu kita ajarkan pada mereka ketika menginjak usia tersebut?

Mendidik anak agar tidak mudah hilang atau tersesat
Tindakan yang perlu dilakukan adalah meminta bantuan orang lain dan memberitahukan nama ayah atau ibunya. Selain itu, ajarkan anak untuk mengingat nomor telepon ayah, ibu, atau telepon rumah, serta alamat rumah.

Memberitahu anak bahwa tidak semua orang asing berbahaya
Kita memang mengajarkan bahwa mereka harus berhati-hati kepada orang asing. Tetapi mereka juga perlu tahu ciri-ciri umum orang asing yang mungkin tidak berbahaya. Misalnya, ibu atau bapak yang sedang bersama anaknya, atau petugas keamanan.

Mengajarkan bahasa yang baik
Bahasa merupakan sebuah kebutuhan pokok bagi setiap manusia tidak terkecuali anak umur 4 tahun. Karena pada usia ini anak akan cenderung untuk belajar apapun khususnya bahasa.

Bagi para orang tua anda wajib mengajarkan bahasa yang baik dan benar untuk anak. Karena dengan bahasa yang baik dan benar akan membuat si anak hingga nanti dewasa memiliki bahasa dan tata bicara yang baik.

Pendidikan agama
Anak usia 4 tahun sebaiknya sudah mulai diberikan pendidikan agama. Pendidikan agama merupakan pendidikan yang pertama dan utama. Karena dengan agama akan memandu si anak dalam menjalani kehidupannya nanti. Dengan pendalaman agama yang kuat, maka ia akan selalu terjaga dalam setiap menjalani aktivitas kehidupan.

Mendidik anak agar tidak menjadi korban pelecehan seksual
Mereka perlu diajari bahwa yang menentukan boleh mencium, memeluk atau menyentuh bagian privasi mereka adalah mereka sendiri. Sehingga, mereka boleh menolak jika orang lain menyentuh bagian-bagian tersebut. Intinya, tubuh mereka adalah milik mereka pribadi, dan tubuh saya adalah milik saya pribadi.

Sebaliknya, mereka juga diajarkan untuk tidak menyentuh bagian privasi milik orang lain. Kita juga sekaligus mengajarkan mereka untuk tidak mengganggu bagian tubuh anak lain. Contohnya adalah cubitan, tendangan, jotosan, yang bisa dikategorikan dengan bullying.

Menolak makanan, minuman dan pemberian dari orang asing
Anak-anak cenderung suka permen, es krim atau hadiah-hadiah lucu. Didik anak bahwa tidak menerima makanan dan minuman yang diberikan orang yang tidak dikenal. Bisa saja makanan dan minuman itu telah mengandung obat-obatan yang membuat anak tertidur dan tidak sadar.

Ajarkan agar mereka hanya menerima sesuatu dari orang asing jika sedang bersama ayah atau ibu, ataupun kerabat lainnya yang mereka sudah kenal.

Menolak bila diajak oleh orang lain
Bisa jadi suatu hari ada ibu atau bapak lain yang datang menjemputnya di sekolah, dan ia tidak mengenalnya. Orang tersebut berkata bahwa ibulah yang meminta ia untuk menjemput.

Ajarkan agar anak tidak percaya dan segera menghubungi guru di sekolah, sehingga sekolah dapat menghubungi Anda terlebih dahulu.

Itulah beberapa usia 4 tahun yang bisa Anda lakukan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.(theasianparent.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.