Bunda, Lakukan 4 Hal Ini Agar Anak Mau Sekolah

Avatar of PortalMadura.com
Bunda, Lakukan 4 Hal Ini Agar Anak Tak Mogok Sekolah
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Banyak cara yang biasanya dilakukan anak untuk tidak sekolah. Mulai dari alasan tidak enak badan, tidak ada pelajaran dan lain sebagainya. Dari semua ini menjadikan orang tua harus memberi pengertian yang bisa diterima anak, sehingga anak mau bersekolah kembali.

Mogok sekolah sebenarnya termasuk salah satu kecemasan yang dialami oleh anak. Oleh karena itu, sebagai orang tua harus terus memberikan semangat untuk ke sekolah. Bagaimana caranya? Ini dia beberapa caranya:

Perhatikan Kondisi Fisik Anak
Bunda boleh berpikir si kecil berpura-pura sakit agar bisa bolos. Tapi tidak ada salahnya Bunda memperhatikan apakah ada gejala tertentu dari kondisi fisiknya yang menunjukkan dia benar-benar sakit. Bisa saja anak Bunda memang merasa tidak enak badan.

Tentunya Bunda tidak ingin jika penyakit si kecil justru berlanjut. Namun, jika tidak terdeteksi gejala apapun, coba tanyakan hal apa yang sebenarnya terjadi.

Ajak Si Kecil Berbicara
Kunci sukses dari hubungan anak dan orang tuanya yaitu terjalin komunikasi. Ajak bicara perlahan tentang apa yang membuat si kecil tidak mau berangkat sekolah. Ada beberapa kasus di mana anak tidak dapat mengungkapkan apa yang membuatnya tidak ingin ke sekolah. Jika demikian, Bunda tidak perlu memaksakan anak untuk berbicara.

Trik agar si kecil mau mengungkapkan secara jujur sebenarnya ada di diri Bunda. Tunjukkan ke anak bahwa Bunda mengerti jika dia tidak ingin pergi sekolah. Baru kemudian, gunakan kalimat-kalimat halus yang menjelaskan bahwa pergi ke sekolah bukan sesuatu yang harus dikhawatirkan. Lalu pastikan orang tua akan membantunya jika kesulitan di sekolah. Berikan kalimat yang memuji keberanian dan semangatnya agar si kecil memiliki rasa percaya diri.

Baca JugaAnak Ngambek Tak Mau Sekolah? Ini yang Harus Anda Lakukan

Buat Si Kecil Tidak Terlena Sibuk di Rumah
Kalau kondisi fisik anak masih baik-baik saja, namun mereka juga tidak mau mengungkapkan alasan mogoknya sekolah, Bunda bisa memastikan si kecil fit atau tidak. Pastikan juga ke dokter tidak ada masalah pada fisik anak.
Bunda juga harus menegaskan bahwa si kecil harus banyak beristirahat. Boleh juga melarang anak untuk menonton TV atau bermain video game karena harus istirahat.

Bunda juga harus bisa mengontrol diri untuk tidak terlalu memanjakan anak di rumah agar dia belajar bahwa sakit itu tidak menyenangkan. Dengan begitu, anak tidak terlena untuk mogok sekolah dan bersantai di rumah.

Bekerja Sama dengan Pihak Sekolah
Apabila kejadian ini terus berlanjut dan berulang selama beberapa waktu, Bunda perlu mengecek keadaan sekolahnya. Bunda tidak perlu cepat-cepat menyimpulkan ada yang salah pada sekolahnya. Di sini, Bunda perlu berkomunikasi dengan pihak sekolah untuk menanyakan keadaan dan kebiasaan anak di sekolah. Biasanya, para guru pun memiliki berbagai ide untuk menangani gairah anak bersekolah.

Bisa jadi, kecemasan anak bersumber dari bullying yang dialami anak. Dalam hal ini, Bunda bisa mengajak konselor atau orang-orang terdekat di sekolah anak. (haibunda.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.