Bunda, Lakukan 4 Trik Cerdas Ini Jika Anak Sering Lupa Kerjakan PR

Avatar of PortalMadura.Com
Bunda, Lakukan 4 Trik Cerdas Ini Jika Anak Sering Lupa Kerjakan PR
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Tugas sekolah yang harus diselesaikan di rumah atau PR biasanya jarang diingat . Karena aktivitas bermain bersama teman atau gadget sehingga lupa tidak dikerjakan. Alhasil, dikerjakan di waktu akan berangkat ke sekolah atau terburu-buru.

Psikolog klinis anak, Vera Itabiliana, Psi, mengatakan PR pada dasarnya memang memberikan beberapa manfaat bagi kegiatan anak. Antara lain memberi kesempatan anak untuk mengulang pelajaran, serta membuat jam belajar anak menjadi teratur. “Tapi satu hal yang mendasar adalah bahwa PR tidak boleh sampai membebani anak,” ujar Vera

Nah, jika si kecil suka lupa dengan PR, ada beberapa tips yang bisa Anca coba. Apa saja?. Berikut penjelasannya:

Bikin Agenda
Sebenarnya, anak-anak dan orang dewasa sama saja sih, suka lupa dan merasa terbebani dengan daftar yang harus dilakukan. Membeli buku perencanaan atau buku agenda yang ramah dengan anak mungkin bisa membantu, Bun.

Disarankan agar orang tua memberikan folder khusus untuk PR, juga tempat khusus untuk meletakkannya saat pulang ke rumah.

Beri Penghargaan
Bunda juga bisa menggunakan sistem ini untuk anak-anak yang masih kecil. Anda bisa membuat kartu berwarna bertuliskan ‘Saya ingat PR saya” atau stiker chart. Setiap anak ingat PR-nya, bunda bisa memasukkan kartu atau menempelkan stiker.

Begitu anak bisa mengumpulkan 10 stiker atau kartu, anak bisa memilih hadiah seperti dibelikan mainan kecil, beli es krim, bisa menonton TV, atau bermain video game sebentar.

Teman
Kalau dua cara di atas tidak berhasil atau ingin menambah tanggung jawab anak, Anda bisa memilih teman PR. Metode ini juga digunakan Julie di kelasnya dan ia merasa efektif.

Seorang teman PR itu adalah seorang siswa dipasangkan dengan siswa lain dan mereka saling mengingatkan untuk mengerjakan pekerjaan rumah di rumah dan memeriksanya keesokan harinya untuk melihat apakah PR itu dikerjakan.

Komunikasi adalah Kunci
Komunikasi orang tua dan guru itu penting dan sebagai orang tua jangan ragu untuk menghubungi guru kalau bunda ingin tahu apakah ada PR atau tidak. Ini untuk mencegah anak lupa atau tidak mengerjakan PR-nya.

Orang tua juga harus memberi tahu seorang guru jika anak mereka bermasalah di rumah. Jika siswa secara konsisten melupakan pekerjaan rumah, mungkin ada alasan di rumah yang tidak disadari guru. (haibunda.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.