Bunda, Si Kecil Susah Tidur? Lakukan 5 Langkah Ini!

Avatar of PortalMadura.Com
Bunda, Si Kecil Susah Tidur? Lakukan 5 Langkah Ini!
ilustrasi

PortalMadura.Com – Bahayanya anak yang tidur larut malam dapat mengganggu perkembangannya. Tentunya, kondisi ini tidak boleh dibiarkan jika berlangsung terus-menerus. Pasalnya, jika si kecil sering tidur larut malam, maka dirinya tidak akan terbiasa bangun pagi. Padahal, seharusnya anak dibiasakan bangun pagi.

Selain itu, kebiasaan begadang setiap malam sejatinya merupakan hal yang tidak baik untuk kesehatan anak. Untuk itu, anak yang sering terjaga pada malam hari sebaiknya ditangani dengan baik dan benar supaya tidak mengganggu kesehatannya secara fisik dan mental.

Maka dari itu, bunda harus bisa siasati masalah ini dengan berbagai cara di bawah ini:

Tumbuhkan Imajinasi Lewat Dongeng
Nah, salah satu cara yang bisa Bunda lakukan untuk membuat si kecil lebih mudah mengantuk pada malam hari yaitu dengan menumbuhkan daya imajinasinya lewat dongeng. Ini adalah salah satu tips cepat tidur yang bisa dicoba dan diaplikasikan.

Cobalah untuk membacakan dongeng dengan suara yang menyenangkan dan menenangkan. Namun sebelumnya usahakan supaya posisi si kecil dalam keadaan nyaman dan siap untuk tidur. Begitu dibacakan cerita dengan penuh penghayatan maka secara perlahan si kecil akan lebih mudah mengantuk sehingga cepat tidur.

Perhatikan Nada Suara Anda
Ketika membacakan cerita untuk anak, jangan menggunakan suara yang terlalu pelan karena perhatian anak tidak akan terfokus pada apa yang Anda bacakan untuknya. Gunakan nada suara yang sedikit keras namun lembut dan penuh penghayatan. Dengan nada suara yang enak maka akan membuat si kecil merasa lebih nyaman untuk berimajinasi dan menikmati sebuah cerita. Kondisi ini tentunya secara perlahan akan membuat anak cepat tertidur.

Permainan Menyusun Balok
Tips cepat tidur untuk anak yang selanjutnya yaitu dengan mengajaknya bermain balok atau bermain pasir. Biarkan si kecil menyusun balok-balok dan pasir sesuai keinginannya. Lama kelamaan permainan ini akan membuat anak lebih mudah untuk lelah sehingga cepat mengantuk.

Tambahkan juga musik atau lagu yang bernada menenangkan sehingga akan membuatnya lebih tenang dan cepat merasa kantuk.

Mewarnai
Selanjutnya supaya si kecil cepat tidur nyenyak yaitu dengan mengajaknya mewarnai sebuah gambar. Permainan ini akan menjadi salah satu langkah yang menenangkan untuk si kecil. Tindakan ini bisa menjadi salah satu terapi yang menenangkan otak anak sehingga mampu membuat perasaanya lebih nyaman. Kegiatan ini bisa menjadi salah satu rutinitas untuk anak sebelum tidur.

Musik
Membacakan cerita sambil memutar lagu dengan alunan nada yang lembut tentunya akan membuat si kecil lebih tenang dan nyaman. Banyak musik bergenre menenangkan yang bisa Anda putarkan untuk anak guna membuatnya menjadi lebih tenang.

Terapi musik ini bahkan tidak hanya berlaku untuk anak-anak, untuk orang dewasa yang kesulitan tidur pada malam hari bisa memanfaatkan music sebagai media untuk membuat tidur lebih nyenyak atau dengan kata lain lebih mudah untuk mengantuk.

Jika si kecil sulit tidur dan rewel pada malam hari, bunda bisa menerapkan tips-tips diatas ya. Selain itu, perhatikan juga kebutuhan si kecil sebelum tidur, pastikan si kecil tidak dalam keadaan lapar dan usahakan tempat tidurnya senyaman mungkin. Dengan begitu, maka si kecil akan merasa lebih nyaman untuk tidur pada malam hari Bunda. Semoga si kecil tidak rewel lagi dan nyenyak tidurnya Bunda. (solusisehatku.com/Qory)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.