oleh

Bupati Sampang Resmikan Ruang Lab Swab Test PCR di RSUD dr Mohammad Zyn

PortalMadura.Com, Sampang – Ruang laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) swab test pasien virus corona (Covid-19) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Mohammad Zyn Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, diresmikan.

Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi menyampaikan, alat PCR yang fungsinya untuk melakukan swab test merupakan bantuan hibah dari pemerintah pusat melalui Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) RI yang telah direncanakan sejak ada kasus virus corona (Covid-19).

Sejak awal, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan baik dan inten bersama Menkopolhukam untuk mendapatkan bantuan pengadaan alat PCR yang dapat digunakan pada penangananan kasus virus corona di Sampang.

“Dengan adanya fasilitas baru berupa alat PCR maka RSUD dr Mohammad Zyn sudah tentu menjadi rumah sakit rujukan nasional,” terangnya, Senin (10/8/2020).

Menurut politisi partai NasDem itu, pelayanan swab test PCR terhadap pasien dilakukan secara gratis. Namun, tetap mematuhi prosedur atau aturan yang sudah ditentukan.

“Setelah kami resmikan, laboratorium PCR dapat mulai beroperasi untuk melayani pasien yang sangat urgen dilakukan swab test,” katanya.

Direktur RSUD dr. Muhammad Zyn Sampang, dr. Titin Hamidah mengaku, telah menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) analisis yang dapat melakukan operasi swab test pasien melalui alat PCR.

“Kami sudah memiliki lima tenaga yang mumpuni dan profesional. Jadi, tenaga medis sangat memadai,” terangnya.

Masyarakat yang mengalami keluhan sakit, dapat melakukan pemeriksaan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) atau langsung datang ke RSUD dr. Muhammad Zyn Sampang.

Menurutnya, penggunaan alat PCR untuk pemeriksaan pasien adalah gratis. Hal itu, berlaku dengan persyaratan khusus terhadap masyarakat yang akan mendapatkan pelayanan prima.

“Pasien yang mendapatkan pelayanan adalah mereka yang memang ada keluhan dan sesuai dengan ketentuan yang ada. Jadi, sementara swab test PCR gratis,” pungkasnya.(*)

Penulis : Rafi
Editor : Oktaviana Dwi KK

Komentar