oleh

Bupati Sumenep Road Show Di Hari Koperasi

PortalMadura.Com, Sumenep – Dalam rangka memperingati Hari Koperasi tahun 2014, Bupati Sumenep, A Busyro Karim menggelar acara Road Show. Acara yang dilaksanakan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sumenep, Rabu (21/5/2014) ditempatkan di Desa/Kecamatan Batuan.

Saat ini, jumlah koperasi di Kabupaten Sumenep mencapai 1.225 unit, dengan jumlah anggota sekitar 70.020 orang dan Usaha Kecil Menengah (UKM) mencapai 22.156. Hal ini, perlu di syukuri, karena berdampak pada sisi permodalan. Demikian disampaikan Bupati Sumenep, A Busyro Karim.

Dari sisi permodalan, setiap tahun selalu ada peningkatan. Misalnya, dari modal sebesar Rp. 444 miliar di tahun 2011, naik menjadi Rp. 542 miliar lebih di tahun 2012, dan ini berlanjut.

“Koperasi itu sebagai soko guru perekonomian. Maka bisa menjadi kekuatan penting dalam perjalanan Sumenep lebih baik kedepan,” ungkapnya.

Orang nomor satu di Sumenep ini berharap, penghargaan juga perlu diberikan bagi koperasi yang telah menunjukkan perannya di tengah masyarakat. Yang lebih penting lagi, yakni koperasi bisa meningkat, baik dari sisi hasil usaha maupun peningkatan modal usahanya.

Meski bupati juga mengakui, bahwa masih banyak koperasi yang belum benar-benar hidup. Sehingga, tetap diperlukan ada dorongan untuk menggairahkan koperasi dan UKM di Sumenep. Yang akan dihadapi adalah tantangan besar, sehingga koperasi harus menjadi pilihan alternatif bagi masyarakat.

Oleh karenanya, jangan terlena dengan sejumlah penghargaan. Namun koperasi harus terus termotivasi dalam mengembangkan usaha, agar maju dan berkembang.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sumenep, Imam Trisnohadi menjelaskan, tujuan kegiatan tersebut untuk memberikan penghargaan dan apresiasi kepada koperasi dan Koperasi Wanita (Kopwan) berprestasi melalui gerakan cinta koperasi, serta mampu meingkatkan kesejahteraan anggotanya.

Kegiatan yang digelar dalam rangka Hari Koperasi kali ini, yakni digelar Produk Unggulan, Bazar dan Pasar Murah serta berbagai pelayanan publik, seperti pelayanan kesehatan dan KTP. Disamping itu juga dilaksanakan berbagai kegiatan hiburan.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada Kopwan berprestasi dan sejumlah bantuan untuk koperasi, UKM dan bantuan sosial lainnya.(ren/htn)


Tirto.ID
Loading...

Komentar