oleh

Bupati Sumenep Sebut Profesi Wartawan Diabadikan dalam Alquran


PortalMadura.Com, Sumenep – Bupati Sumenep, A Busyro Karim menyampaikan, satu-satunya profesi yang diabadikan dalam kitab suci Alquran adalah wartawan.

“Dari 114 surah Alquran, ada surah wartawan, namanya surah Annaba. Annaba itu membawa berita,” katanya pada Resepsi Hari Pers Nasional (HPN) 2020 dan HUT 74 PWI di de Baghraf Hotel Sumenep, Selasa (11/2/2020).

Menurutnya, jika profesi wartawan diisi oleh orang-orang yang mulia tentunya luar biasa dan pasti mulia. “Tapi kalau berita itu diisi orang yang tidak mulia, maka berita itu tidak mulia. Saya tidak mau bilang berita sampah karena terlalu kasar,” ujarnya sambil tersenyum.

Bahkan dari 6.666 ayat Alquran ada 142 bahasa wartawan yang menyebut kata Annaba dengan segala bentuknya. “Annaba itu sama dengan nabiyun. Artinya, Nabi itu membawa berita. Wartawan juga membawa berita,” katanya.

Profesi wartawan sangat luar biasa jika diniatkan untuk membangun bangsa dan negara serta berjihat untuk agama. “Luar biasa profesi wartawan ini,” tegasnya.

Politisi PKB yang menjabat dua kali periode sebagai Bupati ini menyebutkan, wartawan kadang membawa berita mubasyirah (pembawa kabar gembira) dan nadziran (pembawa peringatan).

“Nabi, juga membawa berita surga, ada juga kabar neraka,” tandasnya.

Surah Annaba adalah surah ke 78 dalam Alquran atau Surah pertama pada juz 30. Surah ini tergolong surah Makkiyah yang terdiri atas 40 ayat.

Penamaan Annaba yang berarti berita besar di ambil dari kata Annaba yang terdapat pada ayat 2 surah Annaba.(*)

Full Sambutan Presiden RI Joko Widodo pada Puncak Peringatan Hari Pers Nasional 2020

Baca Juga :

 

Penulis : Hartono
Editor : Putri Kuzaifah
Tirto.ID
Loading...

Komentar