Bupati Sumenep Titip Output Pilkada 2020 Berkualitas

Avatar of PortalMadura.com
Bupati Sumenep Titip Output Pilkada 2020 Berkualitas
Pengambilan sumpah Panwascam Pilkada Sumenep tahun 2020 se-Kabupaten Sumenep oleh Ketua Bawaslu Sumenep, Anwar Noris (foto @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, – Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, sudah dilantik dan diambil sumpahnya, di pendopo Keraton Sumenep, Sabtu (28/12/2019).

, A Busyro Karim menyatakan, output 2020 harus lebih berkualitas dari tahun-tahun sebelumnya. “Produknya harus lebih baik dari hasil kinerja Bawaslu,” tegas Busyro, pada sambutan pelantikan Panwascam se-Kabupaten Sumenep.

Menurutnya, Kabupaten Sumenep harus memiliki daya saing yang kuat dari daerah lain. “Harus kerja keras dan cerdas, maka produk — output — Pilkada itu harus lebih baik lagi,” ujarnya, kembali menegaskan.

Pemerintahan Busyro-Fauzi telah men-support untuk keberlangsungan demokrasi yang bersih dan jujur di Kabupaten Sumenep. Salah satunya dengan anggaran mencapai Rp 25 miliar dari APBD untuk Bawaslu Kabupaten Sumenep.

“Pengawasan dan pencegahan adalah tugas pengawas. Yang lebih penting lagi, produk dari Pilkada itu sendiri,” tandasnya.

Sementara, Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Timur, Moh. Amin menegaskan, ujung tombak dari sebuah pengawasan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 ada di tangan Panwascam.

“Pengawas itu wajib menjaga kode etik dan tata cara pengawasan. Panwascam adalah penentu dari sebuah pengawasan dan pencegahan,” katanya.

Ia meminta agar kepercayaan Bawaslu Kabupaten Sumenep terhadap Panwascam yang sudah dilantik agar tidak disia-siakan.

Sumpah dan janji yang telah diucapkan dan ditandatangani adalah amanah besar yang wajib dijunjung untuk dipertanggung jawabkan, baik kepada bangsa dan negara maupun kepada Yang Maha Kuasa.

“Saya pun datang langsung ke sini, karena saya putra daerah yang terpanggil untuk kebaikan Sumenep. Ini bentuk pembelaan kami sebagai Bawaslu Jatim,” tandasnya.

Proses pelantikan dan pengambilan sumpah terhadap 81 orang Panwascam se-Kabupaten Sumenep juga dihadiri Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, semua komisioner Bawaslu Sumenep, KPU Sumenep dan sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.