Jatah Jampersal Pamekasan Tahun 2019 Menurun, Akhir Tahun Sudah Terserap 100 Persen

Avatar of PortalMadura.com
Jatah Jampersal Pamekasan Tahun 2019 Menurun, Akhir Tahun Sudah Terserap 100 Persen
Ilustrasi

PortalMadura.Com, Anggaran Jaminan Persalinan (Jampersal) untuk tahun 2019 di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, turun drastis, yakni mencapai Rp 1,5 miliar. Akibatnya, ibu-ibu yang hendak melahirkan di penghujung tahun ini dipastikan tidak dapat biaya jampersal lantaran sudah terserap seratus persen pada bulan November lalu.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan melalui sekretaris, Ali Maksum menyampaikan, jatah Jampersal tahun ini di daerahnya sebesar Rp 500 juta. Sementara pada tahun sebelumnya atau tahun 2018 mencapai Rp 2 miliar. Artinya ada penurunan mencapai Rp 1,5 miliar.

Ditanya soal solusi apabila ada warga Pamekasan yang hendak melahirkan pada bulan ini, Ali Maksum tidak memberikan penjelasan secara lugas. Karena anggaran Jampersal yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tersebut sudah terpakai. Apalagi, hal itu merupakan kebijakan pemerintah kabupaten.

Baca Juga: Welcome Back di Madura, Zah Rahan Pemain Asing Pertama yang Dikontrak

“Itu kebijakan daerah dengan rumah sakit, tetapi kalau anggarannya sudah tidak ada. Kita informasikan lebih awal kepada masyarakat. Biayanya sudah terserap sejak bulan November lalu,” katanya, Sabtu (28/12/2019).

Ali Maksum mengaku tidak tahu kisaran anggaran setiap pasien yang biaya dibantu Jampersal selama tahun 2019, setiap pasien tidak sama. Tetapi yang jelas, besaran biaya itu tergantung rumah sakit.

“Rumah sakit yang membayarkan, kita hanya bayar ke rumah sakit berapa pun biayanya. Mau diklaim berapa terserah, yang penting sesuai regulasi,” pungkasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.