oleh

Jatah Jampersal Pamekasan Tahun 2019 Menurun, Akhir Tahun Sudah Terserap 100 Persen

PortalMadura.Com, Pamekasan – Anggaran Jaminan Persalinan (Jampersal) untuk tahun 2019 di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, turun drastis, yakni mencapai Rp 1,5 miliar. Akibatnya, ibu-ibu yang hendak melahirkan di penghujung tahun ini dipastikan tidak dapat biaya jampersal lantaran sudah terserap seratus persen pada bulan November lalu.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan melalui sekretaris, Ali Maksum menyampaikan, jatah Jampersal tahun ini di daerahnya sebesar Rp 500 juta. Sementara pada tahun sebelumnya atau tahun 2018 mencapai Rp 2 miliar. Artinya ada penurunan mencapai Rp 1,5 miliar.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Ditanya soal solusi apabila ada warga Pamekasan yang hendak melahirkan pada bulan ini, Ali Maksum tidak memberikan penjelasan secara lugas. Karena anggaran Jampersal yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tersebut sudah terpakai. Apalagi, hal itu merupakan kebijakan pemerintah kabupaten.

Baca Juga: Welcome Back di Madura, Zah Rahan Pemain Asing Pertama yang Dikontrak Madura United

“Itu kebijakan daerah dengan rumah sakit, tetapi kalau anggarannya sudah tidak ada. Kita informasikan lebih awal kepada masyarakat. Biayanya sudah terserap sejak bulan November lalu,” katanya, Sabtu (28/12/2019).

Ali Maksum mengaku tidak tahu kisaran anggaran setiap pasien yang biaya dibantu Jampersal selama tahun 2019, setiap pasien tidak sama. Tetapi yang jelas, besaran biaya itu tergantung rumah sakit.

“Rumah sakit yang membayarkan, kita hanya bayar ke rumah sakit berapa pun biayanya. Mau diklaim berapa terserah, yang penting sesuai regulasi,” pungkasnya.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar