Busyro: Pariwisata Sumenep Jadikan Mesin Pertumbuhan Ekonomi Baru Masyarakat

Avatar of PortalMadura.com
Busyro: Pariwisata Sumenep Jadikan Mesin Pertumbuhan Ekonomi Baru Masyarakat
dok. Bupati Sumenep, A Busyro Karim (Foto: Samsul Arifin)

PortalMadura.Com, , Madura, Jawa Timur, A Busyro Karim, berharap agar pengelolaan destinasi wisata di sejumlah tempat bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat sekitar. Sebab, program Visit Sumenep 2018 ini salah satu tujuannya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Sesuai data yang kami terima dari BPS, di Sumenep ini angka kemiskinan memang sudah mulai ada penurunan meski belum signifikan. Dengan pengelolaan destinasi wisata ini juga diharapkan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat,” kata Bupati Sumenep, Rabu (10/1/2018).

Menurut Busyro, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh pengelola destinasi wisata untuk membantu mengurangi angka kemiskinan, salah satunya memberikan kesempatan bagi warga sekitar untuk berjualan di objek wisata itu.

“Dengan program kunjungan wisata ini diharapkan bisa menurunkan angka kemiskinan secara signifikan. Masyarakat juga harus aktif, jangan malas-malasan untuk berjuang meningkatkan taraf ekoniminya,” ucapnya.

Selama ini sudah banyak destinasi wisata yang dikelola, baik oleh pemerintah maupun masyarakat sendiri. Ada tiga destinasi wisata yang dikelola pemerintah yakni pantai Lombang, di Kecamatan Batang-batang, Pantai Slopeng di Kecamatan Dasuk, dan Museum Keraton Sumenep di Kecamatan Kota.

Selain itu, pada tahun kunjungan wisata, pemerintah setempat juga menjadikan dua destinasi wisata sebagai objek unggulan yakni Pantai Gili Labak, Kecamatan Talango, Wisata Kesehatan yang memiliki oksigen terbaik kedua di dunia di Pulau Giliyang, Kecamatan Dungkek.

Destinasi wisata yang dikelola masyarakat di antaranya Pantai Sembilan di Kecamatan Giligenting, Taman Tectona dan Tirta Sumekar Indah (TSI), masing-masing di Kecamatan Batuan, dan Water Park Sumekar (WPS) di Kecamatan Manding. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.