oleh

Butuh Beasiswa di Swiss? Rebut Peluangnya

PortalMadura.Com – Ketika Swiss disebutkan, mungkin kita kebanyakan berpikir tentang coklat dengan susu Alpine atau keju Swiss yang enak.

Tapi antara lain, Swiss juga dikenal dengan sistem pendidikan yang sangat berkualitas.

Beberapa universitas paling bergengsi berbasis di sana dan menjadi pilihan yang bagus untuk kemajuan akademis.

Swiss adalah salah satu negara termahal di dunia, dan ini bisa menjadi penghalang bagi banyak siswa.

Tetapi Anda tidak perlu khawatir tentang itu, karena Swiss sangat murah hati dalam hal siswa internasional.

Baik pemerintah Swiss dan Universitas Swiss (beberapa di antaranya terdaftar sebagai universitas terbaik di dunia) menawarkan beasiswa untuk siswa internasional.

Beasiswa Unggulan Pemerintah swiss Bagi Cendekiawan dan Artis Asing (2021-2022)

Setiap tahun, Pemerintah Swiss menawarkan beasiswa bagi siswa internasional lebih dari 180 negara.

Ada dua jenis beasiswa:

Beasiswa Penelitian untuk peneliti muda dari luar negeri yang memiliki gelar master atau PhD dan Beasiswa Seni untuk seniman asing bergelar sarjana.

Penerima beasiswa akan dipilih oleh badan pemberi beasiswa, Komisi Federal Beasiswa untuk Pelajar Asing (FCS), berdasarkan tiga kriteria:

– Profil kandidat
– Kualitas proyek penelitian atau karya artistik
– Sinergi dan potensi kerjasama penelitian di masa depan
– Beasiswa Penelitian

Dalam rangka Program Beasiswa Riset, terdapat tiga jenis beasiswa bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan gelar master atau PhD.

Beasiswa PHD tersedia untuk mahasiswa pasca sarjana berkualifikasi tinggi (memiliki gelar yang diperlukan) dari semua bidang akademik.

Durasi: 12 bulan hingga 36 bulan (berdasarkan hasil akademik yang dicapai). Sebagai penerima hibah.

– Pembayaran bulanan sebesar CHF 1920 (1776,86 Euro) atau setara Rp30.844.438,-

– Tunjangan perumahan CHF 300 (277.63 Eur) setara Rp4.817.671 (dibayarkan satu kali di awal beasiswa).

– Kartu transportasi umum setengah tarif satu tahun

– Hanya untuk penerima non-UE dan non-EFTA: FCS membayar asuransi kesehatan Swiss wajib dan tunjangan penerbangan untuk tiket kembali ke negara asal mereka (disediakan di akhir beasiswa).

– Layanan dukungan dan berbagai perjalanan, makan malam, dan tur wisata yang diselenggarakan untuk Swiss Government Excelle.

Beasiswa Pasca doktoral tersedia untuk peneliti pasca doktoral berkualifikasi tinggi di awal karir akademik mereka dari semua bidang akademik.

Durasi beasiswa ini adalah 12 bulan dan tidak ada perpanjangan waktu Beasiswa.

– Pembayaran bulanan sebesar CHF 3500 (3239,07 Eur) atau setara Rp56.194.696,-

– Tunjangan perumahan CHF 300 (277.63 Eur) setara Rp4.816.425,- (dibayarkan satu kali di awal beasiswa)

– Kartu transportasi umum setengah tarif satu tahun

– Hanya untuk penerima non-UE dan non-EFTA: FCS membayar asuransi kesehatan Swiss wajib dan tunjangan penerbangan untuk tiket kembali ke negara asal mereka (disediakan di akhir beasiswa).

– Layanan dukungan dan berbagai perjalanan, makan malam, dan tur wisata yang diselenggarakan untuk Swiss Government Excelle

Beasiswa Penelitian tersedia untuk peneliti pasca sarjana berkualifikasi tinggi dari semua bidang akademik serta dokter muda. Durasi beasiswa ini adalah 12 bulan dan tidak ada perpanjangan waktu.

– Pembayaran bulanan sebesar CHF 1920 (1776,86 Euro) setara Rp30.843.536,-

– Tunjangan perumahan CHF 300 (277.63 Eur) setara Rp4.818.523,- (dibayarkan satu kali di awal beasiswa)

– Kartu transportasi umum setengah tarif satu tahun

– Hanya untuk penerima non-UE dan non-EFTA: FCS membayar asuransi kesehatan Swiss wajib dan tunjangan penerbangan untuk tiket kembali ke negara asal mereka (disediakan di akhir beasiswa).

– Layanan dukungan dan berbagai perjalanan, makan malam, dan tur wisata yang diselenggarakan untuk Swiss Government Excelle

Jangka waktu aplikasi:

– Pembukaan panggilan: 01 Oktober 2020
– Batas waktu pendaftaran: 23 November 2020
– Awal beasiswa: 01 September 2021

Bergantung pada beasiswa atau program mana yang Anda pilih, sebagai penerima hibah, Anda dapat belajar di salah satu universitas / institusi Swiss berikut ini:

Universitas: Universitas Basel, Universitas Bern, Universitas Fribourg, Universitas Jenewa, Universitas Lausanne, Universitas Lucerne, Universitas Neuchatel, Universitas St. Gallen, Universitas Zurich, Universita della Svizzera Italia

Institut Teknologi Federal: Institut Teknologi Federal Swiss Lausanne (EPFL), Institut Teknologi Federal Swiss Zurich (ETHZ), Institut Penelitian Domain ETH (PSI; WSL; EMPA; EAWAG), Institut Pascasarjana Studi Internasional dan Pembangunan (IHEID).

Universitas Ilmu Terapan: Universitas Ilmu Terapan Swiss Barat, Universitas Ilmu Terapan Bern, Universitas Ilmu Terapan Swiss Barat Laut, Universitas Ilmu Terapan Swiss Timur, Universitas Lucerne Sains dan Seni Terapan, Universitas Ilmu Terapan dan Seni Swiss Selatan, The Zurcher Fachhochschule.

Institut Pengajaran dan Penelitian: Universitas pendidikan guru

Namun, tidak ada beasiswa yang tersedia untuk tahun akademik 2021-2022 untuk siswa dari negara-negara seperti Kanada, Prancis, Irlandia, Luksemburg, Norwegia, Spanyol, Swedia, Kerajaan Inggris Raya dan Irlandia Utara dan Negara Kota Vatikan.

– Beasiswa Seni

Beasiswa Seni ditawarkan untuk seniman muda berkualifikasi tinggi – dari semua bidang artistik yang ingin mengejar gelar master awal.

iklan hari santri

Beasiswa ini hanya ditawarkan kepada siswa dari sejumlah negara tertentu saja. Ada negara-negara yang termasuk di mana Swiss memiliki perjanjian timbal balik untuk beasiswa seni.

Jadi, beasiswa ini tersedia untuk siswa atau warga negara Belgia, Bulgaria, Kroasia, Siprus, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Jerman, Yunani, Hongaria, Islandia, Israel, Italia, Jepang, Korea Selatan, Latvia, Lituania, Malta , Meksiko, Belanda, Polandia, Portugal, Rumania, Rusia, Slovakia, Slovenia, dan Amerika Serikat.

Durasi beasiswa ini adalah 12 bulan yang dapat diperpanjang hingga 21 bulan paling lama tergantung pada program Magister yang dipilih dan kredit ECTS yang diperlukan. Penerima beasiswa akan menerima:

– Pembayaran bulanan sebesar CHF 1920 (1776,86 Euro) setara Rp30.833.325,-

– Kartu transportasi umum setengah tarif satu tahun

– Tunjangan rumah CHF 300 (277.63 Eur) setara Rp4.817.753,-

– Hanya untuk penerima non-UE dan non-EFTA: FCS membayar asuransi kesehatan Swiss wajib dan tunjangan penerbangan untuk tiket kembali ke negara asal mereka.

Jangka waktu aplikasi:

– Pembukaan panggilan: 01 Oktober 2020
– Batas waktu pendaftaran: 23 November 2020
– Awal beasiswa: 01 September 2021

Di mana saya bisa belajar dengan Beasiswa Seni Pemerintah Swiss?

Universitas Sains Terapan: Universitas Sains dan Seni Terapan Swiss Barat, Universitas Seni Bern, Universitas Sains dan Seni Terapan Swiss Barat Laut, Universitas Sains dan Seni Terapan Swiss Timur, Universitas Sains dan Seni Terapan Lucerne, Universitas Sains Terapan dan Seni Swiss Selatan, Conservatorio della Svizzera italiana, Universitas Seni Zurich.

Perlu diingat bahwa untuk negara yang berbeda ada atau mungkin ada tenggat waktu dan jenis beasiswa yang ditawarkan. Jadi, Jika Anda tertarik untuk melamar, silakan pilih negara asal sesuai dengan paspor Anda, dan dapatkan informasi paket lengkap untuk proses aplikasi

Selain Pemerintah Swiss, ada beberapa universitas Swiss yang juga menawarkan beasiswa bagi mahasiswa internasional. Kenali beberapa di antaranya!

ETH Zurich

Pernahkah Anda bermimpi belajar di salah satu universitas paling bergengsi di dunia? Nah, Anda mungkin punya kesempatan sekarang! ETH Zurich, peringkat universitas terbaik di Swiss oleh Times Higher Education’s World University Rankings, menawarkan dua jenis beasiswa untuk mahasiswa asing.

Program Beasiswa & Peluang Excellence (ESOP) menawarkan beasiswa, bimbingan, dan mendukung siswa dengan jaringan ETH Foundation. Penerima akan mendapatkan:

– CHF 12000 per semester (11105,38 Eur) setara Rp192.715.905, – untuk menutupi biaya hidup dan studi
– Pengabaian biaya sekolah
– Beasiswa ETH-D mendukung siswa dengan gaji sebagian serta penawaran tambahan dari Departemen. Penerima akan menerima:

– CHF 7500 per semester untuk menanggung biaya hidup dan studi
– Pengabaian biaya sekolah
– Beasiswa CHF 3000 (2776.34 Eur) setara Rp48.174.597, – per semester atau menawarkan asisten dari departemen (dengan pembayaran CHF 500-600 per bulan).

Siapa yang dapat mengajukan beasiswa ini?

Untuk melamar beasiswa ini, siswa harus memiliki gelar Sarjana, dan hasil yang sangat bagus juga. Perlu diingat bahwa siswa yang terdaftar atau memiliki gelar Master tidak memenuhi syarat untuk beasiswa ini.

Siswa dapat memilih bidang studinya di salah satu program Magister ini:

– Arsitektur dan Ilmu Bangunan
– Ilmu Teknik
– Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika
– Ilmu Pengetahuan Alam berorientasi sistem
– Manajemen dan Ilmu Sosial

Jangka waktu pendaftaran: Anda harus mendaftar dalam 15 Nov – 15 Des 2020.

Fakta tambahan tentang ETH Zurich: Lebih dari dua puluh Pemenang Hadiah Nobel – di antaranya ilmuwan terkenal Albert Einstein – telah menjadi mahasiswa di universitas ini.

Universitas St. Gallen

University of St. Gallen (juga terdaftar di antara universitas Swiss terbaik) menawarkan dua jenis beasiswa untuk siswa internasional.

Beasiswa Keunggulan diberikan kepada siswa yang terdaftar dalam studi Sarjana di Universitas St. Gallen atas dasar prestasi. Saat ini, penerima hibah menerima:

– Jumlah tahunan CHF 6258 (ini sesuai dengan beasiswa CHF 18774)

Dana Beasiswa Yayasan Starr Internasional tersedia untuk siswa bahasa asing yang sangat berbakat, yang sedang menyelesaikan gelar Master di salah satu program bahasa Inggris:

– Strategi dan Manajemen Internasional (SIM)
– Ekonomi dan Keuangan Kuantitatif (MiQE / F)
– Urusan dan Pemerintahan Internasional (MIA)
– Perbankan dan Keuangan (MBF)
– Manajemen Pemasaran (MiMM)
– Ekonomi (MEcon)
– Hukum Internasional (MIL)
– Keuangan dan Akuntansi (MAccFin)

Biasanya, penerima hibah setiap tahun:

– CHF 20000 (18508,96 Euro) setara Rp321.136.108,- per program

Jangka waktu pendaftaran: Beasiswa ini ditawarkan setiap tahun. Panitia memilih pemegang beasiswa masing-masing pada Akhir Agustus 2020

Universitas Lausanne

Jika Anda ingin belajar di salah satu universitas Swiss terbaik, Anda mungkin tertarik dengan University of Lausanne. Universitas ini menawarkan sekitar 10 beasiswa setiap tahun, kepada siswa yang telah lulus dari universitas asing dan memiliki hasil akademis yang sangat baik.

Lebih lengkapnya, Anda dapat mengunjungi https://aab-edu.net/en/switzerland-schoolarships/

(*)

Penulis : Dwi Oktaviana KK
Editor : Raudatul Fitrah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.