PortalMadura.com

Calon Independen Nihil, Rp320 Juta Anggaran KPU Tak Digunakan

  • Selasa, 16 Juni 2015 | 10:19
Calon Independen Nihil, Rp320 Juta Anggaran KPU Tak Digunakan
dok. A Warits
Loading...

PortalMadura.Com, Sumenep – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Madura, Jawa Timur telah mengalokasikan dana sebesar Rp320 juta untuk melakukan verifikasi terhadap syarat dukungan yang diserahkan calon perseorangan.

Syarat itu berupa foto copy KTP (kartu tanda penduduk) sebanyak 6,5 persen atau sekitar 72.468 dari total penduduk Sumenep yang mencapai sebanyak 1.114.882 jiwa. Namun, anggaran ratusan juta itu dipastikan tidak digunakan karena tidak ada calon bupati yang maju melalui jalur perseorangan.

“Kami sudah mengalokasikan dana sebesar Rp320 juta lebih untuk verifikasi syarat dukungan dari jalur independen,” kata A Warits, Ketua KPU Sumenep, Selasa (16/6/2015).

Dana ratusan juta tersebut dianggarkan untuk verifikasi syarat dukungan terhadap 5 calon independen.

Baca Juga:  Satu Kompi Brimob Polda Jatim Dikirim ke Kangean

“Jika tidak ada calon perseorangan, anggaran itu tidak digunakan,” ujarnya.

Pasca penutupan penerimaan syarat dukungan dari cabup jalur independen itu, KPU belum memastikan anggaran tersebut apakah mau dikembalikan ke kas daerah atau tidak karena sesuai aturan dana itu bisa dialokasikan untuk kegiatan lain.

“Kami masih belum membicarakan apakah dana itu dikembalikan ke kas daerah atau mau digunakan untuk kegiatan lain,” paparnya.

Ia menerangkan, penduduk Sumenep mencapai 1.114.882 jiwa, jadi bakal calon perseorangan harus bisa menyerahkan syarat dukungannya ke KPU berupa foto copy KTP (kartu tanda penduduk) sebanyak 6,5 persen atau sekitar 72.468 lembar dukungan.

“Dukungan itu harus tersebar minimal di 50 persen dari jumlah kecamatan di Sumenep yakni 14 kecamatan dari 27 kecamatan yang ada,” pungkasnya.

Baca Juga:  Ramai di Sosmed, Pemkab 'Main Lempar' Proposal Panitia Festival Cinta Buku Instika

Masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep akan berahir pada bulan Oktober 2015. Sedangkan pelaksanaan pilkada Sumenep dijadwalkan pada tanggal 9 Desember 2015. (arifin/choir)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional