Capai 151 Kasus, Musim Hujan Waspadai DBD

Avatar of PortalMadura.com
Capai 151 Kasus, Musim Hujan Waspadai DBD
Ilustrasi (bola.com)

PortalMadura.Com, – Penderita Demam Berdarah Dengue () di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, terhitung sejak Januari hingga November 2020 mencapai 151 kasus.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan, dr. Nanang Suyanto menghimbau kepada masyarakat agar waspada terhadap penyakit DBD. Terutama pada musim penghujan seperti sekarang.

Dijelaskan, munculnya penyakit DBD berawal dari jentik nyamuk yang bersarang di genangan air dan berkembang biak menjadi nyamuk. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dengan membuang genangan air tersebut.

“Langkah yang perlu kita lakukan pada ini dengan gerakan pemberantasan sarang nyamuk dengan 3M, yaitu Menguras, Menutup dan Mendaur ulang,” katanya, Jumat (18/12/2020).

Menguras merupakan upaya membuang penyimpanan air, menutup air dan mendaur ulang barang-barang bekas yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. Tiga M tersebut sebagai langkah memberantas penyakit DBD.

“Selama sebelas bulan ini kasus kematian berjumlah satu pasien yang masih balita. Kami berharap masyarakat tetap waspada,” pungkasnya. (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.