Cara Agar Anak Tertarik Konsumsi Bekal Makan Siang

Avatar of PortalMadura.com
Cara Agar Anak Tertarik Konsumsi Bekal Makan Siang
Ilustrasi (haibunda.com)

PortalMadura.Com – Salah satu hal yang paling membahagiakan bagi seorang ibu dengan anak yang bersekolah baik di TK maupun SD adalah saat anak mereka lahap menyantap makanan. Apalagi saat mereka rutin sarapan dan menghabiskan yang dibawa ataupun disiapkan oleh sekolah. Namun adakalanya rasa bosan muncul hingga anak pun tidak menghabiskan bekalnya.

Sebagai seorang ibu harus dengan sigap mencari cara membuat bekal yang tak hanya bergizi dan enak, tapi juga menarik sekaligus menggairahkan. Dilansir dari laman Fimela.Com, Selasa (1/9/2020) berikut ini adalah beberapa ide kreatif untuk anak yang lebih menarik.

Membuat Bekal Sendiri

Biarkan anak membantu membuat menu bekal makan siang mereka. Mengajak anak untuk memasak dapat membangun kepercayaan, kegembiraan dan kebanggaan yang mendorong mereka untuk makan apa yang dibuatnya. Bahkan bila perlu ajak anak untuk berbelanja bahan makanan yang akan mereka makan.

Membantu Menata di Kotak Makan

Selain meminta anak untuk merencanakan makan siang, menugasi mereka untuk benar-benar memasukkan menu makan mereka ke dalam kotak makan siangnya. Bukan hanya kesempatan bagus untuk mengajari anak tanggung jawab, kemandirian, dan keterampilan menyimpan makanan sendiri, tetapi juga mendorong anak untuk makan apa yang telah disediakan orang tua mereka.

Berikan Pilihan Spesifik

Anak-anak bisa kebingungan dengan banyak pilihan menu makan. Memberi mereka pilihan khusus untuk setiap kategori makan siang mungkin bisa dilakukan oleh para orang tua. Misal biarkan mereka memilih antara sandwich ham, keju, atau selai kacang untuk hidangan makan siang mereka. Biarkan mereka memilih sendiri buah apa yang mungkin mereka ingin kemas.

Pikirkan Tentang Ukuran Porsi Makan

Porsi besar bisa membuat anak tidak berselera dan membuatnya tidak mungkin menghabiskan makanan teresebut. Kemas makanan anak dalam jumlah kecil, tetapi tanyakan secara konsisten kepada anak dan tanyakan apa yang mereka suka. Hal ini akan membantu Anda mengetahui apa yang mereka inginkan lebih dan apa yang tidak.

Tambahkan Potongan Buah

Gunakan buah untuk menambahkan sentuhan manis pada makan siang anak. Tambahkan air dengan potongan buah-buahan atau beri anggur untuk ditambahkan dengan keju dan roti tawarnya. Ini akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.