Cara Aman Bikin Anak Tetap Sehat Main di Luar Rumah

  • Bagikan
Cara Aman Bikin Anak Tetap Sehat Main di Luar Rumah
Ilustrasi (Moslem Family)

PortalMadura.Com – Setiap anak pasti suka ketika bermain, apalagi di luar rumah. Karena dengan begitu ia bisa dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan mereka. Selain itu, manfaat lain yang bisa ia dapat yaitu menstimulasi kecerdasan emosi, sosial hingga empati sang anak.

Namun, sampai saat ini masih ada sebagian orang tua, khususnya para ibu yang merasa khawatir saat anaknya bermain di luar. Entah itu karena alasan takut kotor, mudah kena penyakit atau kekhawatiran lainnya.

Lantas, bagaimana cara menyikapi agar anak tetap aman main di luar rumah?. Untuk tahu jawabannya, mari simak penjelasan di bawah ini:

Menurut pakar nutrisi dan ahli gizi, Prof. Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc., anak yang lebih sering bermain di luar memang memiliki risiko terkena penyakit 2-3 kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang hanya beraktivitas di dalam rumah.

“Ancaman infeksi di luar rumah itu tinggi, apalagi ketika anak di bawa ke mal. Ancaman berbagai infeksi memang besar,” katanya.

Baca Juga: Moms, Ini 3 Tips Aman Saat Anak Bermain di Luar Rumah

Meski begitu, diakuinya, bermain penting untuk anak agar dia bisa bereksplorasi di luar rumah. Untuk itu, agar si kecil aman bermain di luar rumah tanpa penyakit mengintai, penting melindungi anak agar proses eksplorasi anak berjalan dengan baik. Bagaimana caranya?.

Pertama, kata dia, yang perlu diperhatikan adalah menjaga sistem pencernaan anak. Sebab pencernaan, kata dia, merupakan organ kekebalan tubuh terbesar.

“Penuhi bakteri baik supaya tumbuh, dan akan melindungi saluran cerna sehingga turunkan infeksi di saluran cerna, dan saluran pernapasan akut berulang. Bakteri baik ada di usus akan lindungi seluruh tubuh dan akan tingkatkan daya tahan tubuh,” kata dia.

Tidak hanya itu, yang juga perlu dilakukan agar anak terhindar penyakit ketika bermain di luar, yakni penuhi kebutuhan seratnya. Sebab, anak perlu makan serat pangan prebiotik sebagai makanan untuk bakteri baik di dalam usus.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.