8 Cara Berdandan Bagi Pemilik Mata Sensitif

Avatar of PortalMadura.com
8 Cara Berdandan Bagi Pemilik Mata Sensitif
ilustrasi

PortalMadura.Com – Masalah paling umum yang dialami oleh kebanyakan orang yang memiliki , yaitu iritasi. Apalagi, bila sudah berhubungan dengan riasan. Makeup yang terbuat dari bahan kimia seringkali membuat mata sensitif gatal, perih, atau berair.

Maka dari itu, diperlukan cara tersendiri untuk merias mata yang mudah iritasi. Nah, jika Anda juga memiliki mata yang sensitif?. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Berikut ini delapan :

Pilih Produk Terbaik
Memiliki mata yang sensitif mau tidak mau membuat Anda harus ekstra hati-hati dalam memilih produk riasan mata atau produk perawatan mata (misalnya krim mata dan eye roll on).

Belakangan ini banyak produk kecantikan ditargetkan khusus untuk orang-orang dengan mata yang sensitif. Anda bisa memilih salah satunya. Biasanya dalam kemasan disertakan tulisan hypo allergenic. Tetapi Anda masih harus mengujinya terlebih dahulu, karena reaksi setiap orang terhadap produk tertentu umumnya berbeda-beda.

Hati-hati saat Menyentuh Mata
Mata sensitif harus selalu ditangani dengan lembut. Anda harus selalu membersihkan tangan sebelum menerapkan riasan mata. Sebab, iritasi bisa disebabkan karena sentuhan kasar atau bakteri yang berpindah dari jari-jari tangan Anda. Sebaiknya, Anda juga tidak menggosok mata saat menghapus atau merapikan riasan mata.

Selalu Membersihkan Makeup
Seaman apapun makeup yang Anda pakai, sebaiknya Anda tidak memakainya terlalu lama, karena bisa berakibat buruk bagi kulit wajah. Begitu juga dengan makeup mata. Jangan malas untuk membersihkan makeup mata setelah bepergian agar mata Anda tidak bereaksi terhadap bahan kimia dalam kosmetik mata.

Bersihkan Kuas
Kuas yang sering Anda gunakan untuk memoles eyeshadow merupakan benda yang rawan menjadi sarang bakteri. Jika tidak rutin dibersihkan, salah-salah bisa mengakibatkan infeksi mata.

Bersihkan kuas dua seminggu sekali menggunakan sabun lembut atau sampo. Cuci bersih, kemudian keringkan dengan cara ditempelkan pada handuk bersih.

Pilih Eyeshadow Berbasis Krim
Orang dengan mata sensitif sebaiknya menghindari eyeshadow yang berbasis bubuk, sebab serpihan eyeshadow bubuk mudah masuk ke mata dan menyebabkan iritasi. Sebaiknya pilih eyeshadow yang berbasis krim. Anda juga sebaiknya menghindari eyeshadow dengan shimmering powder atau glitter.

Hindari Eyeliner Bagian Bawah Mata
Anda yang memiliki mata sensitif kurang cocok mengenakan eyeliner di bagian bawah mata. Sebab dengan begitu, eyeliner jadi mudah masuk ke dalam mata dan mengakibatkan iritasi.

Pakai Primer dan Foundation
Primer dan alas bedak tidak hanya membantu menjaga makeup Anda agar tidak mudah luntur, keduanya juga bertindak sebagai perisai antara kulit sensitif di sekitar mata dan riasan yang Anda pakai.

Pilih Maskara yang Sesuai
Hindari menggunakan maskara yang diformulasikan untuk memperpanjang bulu mata, karena serat dalam maskara tersebut dapat menyebabkan iritasi pada mata sensitif Anda. Hati-hati juga dalam menggunakan bulu mata palsu. Pastikan Anda tidak alergi terhadap lem bulu mata yang digunakan untuk melekatkan bulu mata palsu ke kelopak.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.