oleh

Cara Aman dan Nyaman Riding Saat Lebaran, Perhatikan!

PortalMadura.Com – Sampai saat ini masih suasana pandemi virus corona Covid-19 yang tidak kunjung berakhir. Sementara, lebaran atau hari raya Idul Fitri sudah tinggal hitungan hari lagi. Di mana, biasanya banyak orang yang melakukan mudik. Namun, karena alasan menjaga kesehatan, hampir semua orang mengurunkan niatnya itu.

Bahkan, pemerintah telah resmi melarang masyarakat untuk melakukan mudik Lebaran 2021 guna menekan penyebaran penyakit yang berasal dari Cina ini. Walaupun begitu, tidak lantas menghalangi seseorang untuk berjumpa di momen penuh berkah tersebut, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Khususnya bagi pengendara sepeda motor, selain menjalani protokol kesehatan, tetap safety riding (berkendara dengan aman) menjadi hal penting ketika berkendara saat hari raya.

“Kami ingin memberikan beberapa panduan bermanfaat bagi mereka yang memilih berkendara sepeda motor untuk bertemu sanak keluarga atau teman. Kami harapkan dapat membantu kelancaran perjalanan di hari bahagia penuh berkah nanti,” papar Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com.

Lantas, bagaimana cara aman dan nyaman berkendara motor saat hari raya?. Berikut beberapa caranya:

Persiapan

1. Servis motor jauh sebelum hari raya. Lakukan booking service terlebih dahulu di bengkel resmi karena biasanya ramai menjelang Hari Lebaran.

2. Isi bensin motor penuh sebelum melakukan perjalanan karena jalan ramai biasanya antri di pom bensin.

3. Jika membawa barang seperti kue, makanan dan lainnya, tidak melebihi kapasitas dan terlalu berat karena dapat mengganggu keseimbangan saat berkendara.

4. Gunakan safety gear (perlengkapan keselamatan) yang lengkap dan nyaman.

Saat di Jalan

1. Jaga jarak aman karena biasanya jalanan padat oleh kendaraan.

2. Gunakan kecepatan yang aman dan ikuti alur (jangan terlalu pelan atau terlalu kencang) agar terhindar dari kecelakaan.

3. Hindari melakukan tindakan yang mendadak seperti mengerem, berbelok, berhenti agar tidak tertabrak oleh pengendara di belakang atau pengendara lainnya.

4. Lakukan akselerasi atau pengereman secara halus terutama bagi yang membonceng anggota keluarga atau membawa barang bawaan.

5. Gunakan jalur alternatif jika jalur utama padat.

6. Jaga konsentrasi dan kontrol emosi.

7. Jaga fisik, jika lelah sebaiknya istirahat terlebih dahulu

8. Selalu patuhi peraturan lalu lintas.

Protokol Kesehatan

1. Membawa dan selalu menggunakan masker, hand sanitizer, dan sering mencuci tangan dengan sabun cuci tangan.

2. Gunakan safety gear yang bersih.

3. Jaga stamina dan imunitas tubuh dengan makan sehat, minum air putih dan tidur yang cukup.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Liputan6.com

Komentar