oleh

Cara Atasi Agar HP Tidak Cepat Panas

PortalMadura.Com – Kebanyakan orang pasti sudah memiliki alat canggih ini. Apalagi anak muda pasti senang bermain handphone, sampai mereka lupa waktu. Terlalu lama digunakan membuat handphone menjadi cepat panas.

Semakin panas ponsel, maka kerja HP akan semakin berat dan berdampak buruk pada baterai HP itu sendiri. Kalau dibiarkan terus menerus, dampak buruknya akan cepat merusak perangkat secara permanen.

Dilansir dari laman Idntimes.Com, Kamis (13/8/2020), berikut ini cara mengatasi HP Anda agar tidak mudah panas.

Biasakan Mengurangi Tingkat Kecerahan HP

Sama seperti menjalankan aplikasi latar belakang, menaikkan kecerahan ponsel akan memaksa baterai untuk bekerja lebih keras. Jika Anda menaikkan kecerahan, pada akhirnya layar HP Anda akan terlalu silau. Anda bisa atur secukupnya agar matamu juga tidak cepat lelah.

Hapus Aplikasi yang Sudah Tidak Terpakai dan Rajin Membersihkan File Sampah

File sampah, cookies, dan cache yang menumpuk bisa membuat HP overheat. Aplikasi Clean Master di Play Store dapat membantu membersihkan file sampah pada HP Anda. Cukup unduh dan gunakan secara rutin agar HP Anda tidak cepat panas dan tidak boros baterai.

Kurangi Multitasking

Terlalu banyak membuka aplikasi bisa membuat HP bekerja dengan berat dan akan mudah panas. Nah, daripada HP Anda cepat panas, kurangi multitasking pada HP Anda.

Kurangi Volume Saat Bermain Game

Volume yang terlalu keras akan membuat HP bekerja dengan berat, apalagi kalau sudah bermain game online. Jadi, sebaiknya, kurangi volume suara di HP atau kurangi volumenya lewat pengaturan pada game. Hal ini dapat membantu HP agar tidak mudah panas.

Membuka Case Pada Ponsel

Saat Anda akan menggunakan HP dalam waktu lama, lebih baik buka dulu case HP Anda. Hal itu dikarenakan setiap HP dikelilingi dengan butiran besi halus yang berfungsi melepas panas.

Jika case dibiarkan begitu saja di belakang HP, panasnya akan terhambat dan tertutup case. Lama-lama, hal tersebut dapat mengakibatkan HP Anda cepat panas, bahkan cepat rusak.

Cobalah untuk Tidak Memainkan HP Saat Sedang Mengisi Daya

Sering memainkan HP saat diisi daya akan berdampak buruk. Selain merusak kabel, juga akan membuat HP cepat panas. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, lebih baik matikan HP saat diisi daya.

Simpan HP di ruangan yang memiliki ventilasi yang baik dan tidak langsung tersorot cahaya matahari agar dingin dan tidak panas.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : idntimes.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE