Cara Bikin 7 Jenis Makanan Ini Lebih Tahan Lama

Avatar of PortalMadura.com
Cara Bikin 7 Jenis Makanan Ini Lebih Tahan Lama
ilustrasi

PortalMadura.Com – Menghabiskan banyak waktu di dapur untuk mengolah makanan tertentu setiap harinya pasti sering dilakukan banyak orang, khususnya bagi ibu rumah tangga. Hal itu mereka lakukan karena makanan yang dibuat sudah basi dan bahan makanan yang disimpan berubah tekstur atau rasanya.

Lantas, bagaimana caranya agar hal tersebut tidak terjadi?. Ternyata, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk membuat makanan lebih tahan lama dan bisa menghemat uang.

Berikut ini tujuh caranya, seperti dikutip Tempo.co dari The Sun:

Kue

Akun YouTube bernama Numberphile, yang terobsesi dengan perhitungan, menyingkap rahasia menarik yang dapat diterapkan pada makanan penutup seperti kue. Cara klasik dan salah saat memotong kue, yang Anda tahu selama ini adalah memotong tepat di bagian tengah dan berbentuk segitiga. Namun, ternyata hal ini bisa menyebabkan bagian kue yang terpotong dapat terpapar elemen lain saat disimpan di dalam lemari pendingin.

Sehingga hal tersebut menyebabkan kue sisa tidak lagi lembap. Rasanya pun berubah. Potongan berbentuk persegi panjang tepat di bagian tengah kue merupakan cara ideal untuk meminimalisir bagian kue sisa terpapar elemen lain. Dengan begitu, Anda dapat menyatukan lagi bagian kue sisa seperti bentuk awal.

Biskuit

Salah satu makanan ringan yang tentu sudah pernah dirasakan oleh hampir semua orang adalah biskuit. Sayangnya, ketika hendak menikmati dalam toples atau wadah lain, biasanya biskuit tidak lagi renyah.

Nah, solusinya sangat mudah. Letakkan satu iris roti tawar di dalam toples atau wadah lain sebelum diisi biskuit favorit. Roti tawar tersebut berguna untuk mempertahankan kelembapan di dalam wadah sehingga biskuit tetap renyah saat dikonsumsi.

Baca Juga: 6 Cara Simpan dan Hangatkan Rendang Agar Lebih Awet

Salad

Seorang food blogger, Marie Saba, mengungkap cara mudah untuk menjaga sayuran yang digunakan agar tetap segar dan tidak mudah layu. Melalui akun Instagramnya, Saba mengatakan: “Setibanya di rumah, buka plastik atau kemasan sayur lain, letakkan tisu di dalamnya. Tisu akan menyerap kelembapan dan menjadikan sayuran tersebut segar lebih lama”.

Keripik

Anda pasti memiliki seorang atau beberapa orang teman yang sulit sekali datang tepat waktu. Hal tersebut menjadikan keripik yang diletakkan dalam wadah besar tidak renyah saat menunggu kedatangan mereka.

Menurut “Reactions”, tayangan berseri dari “American Chemical Society”, hanya membutuhkan waktu 30 detik saja untuk membuat keripik yang sudah tidak renyah tersebut kembali renyah.

Caranya, masukan semangkuk keripik yang sudah terlihat melempem tersebut ke dalam microwave selama 30 detik dengan suhu tinggi. Suhu tinggi akan mengeluarkan udara lembap dari dalam keripik sehingga saat dikeluarkan dari microwave keripik tersebut terlihat seperti baru dikeluarkan dari kemasan.

Pisang

Untuk membuat pisang lebih tahan lama, yaitu dengan memanfaatkan bungkus plastik atau cling film yang dipercaya dapat menjaga pisang segar lebih lama. Caranya, rekatkan bungkus plastik tersebut pada bagian atas pisang. Bungkus plastik berguna menjaga kesegaran pisang hingga empat atau lima hari lebih lama.

Tomat

Kulit tomat berguna untuk menjaga sari yang ada di dalamnya namun tidak demikian jika batangnya tetap tertancap. Sari tomat dapat menguap melalui batang sehingga menyebabkan tomat layu, sebagaimana yang dijelaskan dalam sebuah video tutorial milik J. Kenji Lopez-Alt.

Maka dari itu, untuk membuat tomat tetap segar meski disimpan dalam waktu lama, caranya adalah dengan memotong batang tomat dan simpan dalam wadah dengan permukaan datar. Permukaan datar akan membatasi kelembapan sehingga sari di dalam buah tomat tetap terjaga.

Kentang

Menyimpan umbi-umbian dalam waktu lama ternyata bisa membuatnya berakar dan tidak bisa diolah, salah satunya seperti kentang. Hal ini tentu menyebalkan, bukan?. Tapi jangan khawatir, buah apel dipercaya dapat mencegah kentang berakar atau tumbuh tunas.

Caranya, simpan kentang dan apel dalam satu wadah. Apel sebagai penghasil senyawa etilen yang dapat menjaga kentang agar segar lebih lama.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.