PortalMadura.com

Cara Cepat Atasi Kram Kaki di Malam Hari

  • Senin, 17 Oktober 2016 | 09:00
Cara Cepat Atasi Kram Kaki di Malam Hari
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kram bisa terjadi kapan saja, termasuk ketika Anda tengah tertidur pulas. Ketika kram menyerang, bagian tubuh yang mengalami kram akan terasa sakit, mengetat, dan nyeri.

Nah, di bawah ini terdapat sejumlah kiat dan informasi yang berguna untuk mencegah kram malam hari. Yuk, kita simak.

1. Hentikan aktivitas dan lemaskan otot dengan peregangan ringan. Gerakkan kaki dengan berjalan perlahan-lahan. Hal ini bertujuan mengirimkan sinyal di dalam tubuh bahwa otot Anda butuh berkontraksi kemudian relaksasi.

2. Pijat pada bagian otot yang menegang.

3. Kompres dengan air panas atau mandi dengan air panas. Namun, cara ini tidak dianjurkan bagi mereka yang mengidap diabetes, cedera saraf tulang belakang, atau kondisi lainnya yang tidak memungkinkan Anda merasakan suhu panas.

Hari Jadi Sumenep

4. Minum air putih atau minuman yang mengandung elektrolit secukupnya untuk menghidrasi tubuh. Cara ini mungkin membutuhkan waktu yang relatif lebih lama. Namun, hal ini bisa mencegah terjadi kram berikutnya.

5. Ganjal ujung kaki dengan bantal saat tidur untuk mencegah kram.

6. Konsumsi makanan kaya magnesium seperti kacang-kacangan dan biji-bijian bila Anda sering mengalami kram kaki yang tidak terkait dengan kondisi kesehatan lainnya. Namun, untuk ibu hamil dianjurkan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu bila ingin mengonsumsi suplemen magnesium.

7. Gunakan obat-obatan pereda sakit, seperti ibuprofen atau gel penghilang nyeri sesuai petunjuk penggunaan.

Demikian ulasan mengenai cara cepat atasi kram kaki di malam hari. Somaga lekas sembuh. (alodokter.com/Diyah)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional