oleh

Cara Cepat Buat Folder Tersembunyi di Smartphone

PortalMadura.Com – Menyembunyikan file atau folder di android memang sangat dibutuhkan. Hal ini supaya berkas digital dari dokumen pribadi macam akta kelahiran, kartu keluarga, ijazah, dan lain sebagainya, hanya pemilik yang bisa mengakses atau orang-orang tertentu atas izin pemilik.

Apalagi, dokumen-dokumen tersebut bisa saja diperlukan sewaktu-waktu, sehingga kebanyakan orang punya kebiasaan menyimpannya di smartphone. Untuk itu, bila ingin menyimpan file penting tentu terlebih dahulu harus menyiapkan sebuah folder khusus. Jika tidak, data-data rahasia Anda akan diketahui oleh orang lain. Terlebih, jika handphone Anda sering dipinjam tanpa sepengetahuan Anda.

Karena itu, menyimpan folder secara tersembunyi bisa menjadi salah satu opsi alternatif untuk menyimpan berkas itu agar sembarang orang tidak bisa mengaksesnya. Caranya sama seperti di laptop atau PC, smartphone Android juga sudah mendukung fitur ini. Bahkan, jika Anda jeli, sejumlah aplikasi dan sistem operasi di smartphone Anda pasti memiliki folder tersembunyi. Tujuannya tentu supaya tidak terhapus karena kalau sampai folder bagian dari sistem terhapus, sistem itu bisa kacau.

Anda penasaran?. Berikut ini cara membuat folder tersembunyi di Android, dilansir PortalMadura.Com, Senin (2/3/2020), dari laman liputan6:

Terlebih dahulu, Anda perlu membuka aplikasi pengelola file (file manager) di smartphone Anda. Kemudian, cari opsi membuat folder baru (create new folder). Lalu, ketik nama yang ingin Anda pakai untuk folder itu.

Baca Juga : Cara Cek IMEI HP Terdaftar di Kemenperin

Setelah itu, pindahkan berkas penting yang ingin Anda simpan ke folder baru. Tambahkan titik (.) di awal sebelum nama folder itu. Voilla, folder itu beserta isinya kini menjadi tersembunyi. Lantas, bagaimana cara mengaksesnya?.

Caranya, posisi masih di aplikasi File Manager, Anda buka menu setelan (Settings). Selanjutnya, cari opsi tampilkan folder tersembunyi (Shows hidden folder). Ingat-ingatlah jalur (path) di mana Anda membuat folder tersebut. Jika Anda berada di path yang benar, Anda akan mendapati folder tersembunyi yang direpresentasikan sama seperti folder pada umumnya tetapi agak transparan. Selamat mencoba!

Rewriter : Azizah
Sumber : liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar