Cara Cepat Latih Kemampuan Anak Dalam Berkomunikasi

Avatar of PortalMadura.com
Cara Cepat Latih Kemampuan Anak Dalam Berkomunikasi
Ilustrasi (blog.medel.com)

PortalMadura.Com – Setiap anak memiliki kemampuan dasar yang berbeda-beda, ada anak dengan kesulitan berbicara, menulis, atau berhitung. Salah satu kemampuan anak yang dasar yang perlu dilatih adalah komunikasi.

Komunikasi tak hanya sekadar berbicara saja, namun komunikasi adalah sebuah kemampuan untuk menyampaikan pesan, mengolahnya, dan menerima pesan dengan tepat. Jika kesulitan komunikasi dibiarkan, maka anak bisa kesulitan dalam belajar, bersosialisasi, dan mencapai cita-citanya.

Dilansir dari laman Popmama.Com, Rabu (24/3/2021), berikut tips meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak:

Ajak Anak Terlibat Dalam Percakapan

Anda dapat luangkan waktu secara konsisten untuk mendorong keterlibatan anak, dalam aktivitas yang tak menekan. Selama berbicara dengan anak, perkenalkan frasa dan kata baru kepadanya. Jadilah seseorang yang dapat anak temui untuk berbagi pemikiran secara terbuka.

Baca Juga:  Kenalkan Sejarah Pabian Lewat Festival 'Jaga Jaggur'

Mendengarkan Curahan Hati Anak

Tunjukkan kepada anak bahwa Mama peduli dengan apa yang ia rasakan, dengan mendengarkan apa yang anak katakan, mengulangi sebagian dari apa yang dikatakan, dan kemudian mengajukan pertanyaan lanjutan yang relevan.

Ajak Anak Bermain Peran

Dengan cara yag satu ini, anak dapat memikirkan tanggapan yang akan membantunya dalam situasi sebelum peristiwa yang membuat stres terjadi. Anak juga akan lebih siap menangani berbagai respons yang mungkin muncul di dunia nyata yang mungkin memicu kecemasannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.