Wajib Ibu Hamil Ketahui, Bahaya Minum Soda Saat Masa Kehamilan

Avatar of PortalMadura.com
Wajib Ibu Hamil Ketahui, Bahaya Minum Soda Saat Masa Kehamilan
Iustrasi (webconsultas.com)

PortalMadura.Com – Sisi keamanan minum soda saat hamil sering dipertanyakan. Ibu hamil yang sering minum soda lebih berisiko untuk melahirkan bayi secara prematur. Hal ini karena ada beberapa dampak buruk dari mengonsumsi soda secara berlebihan selama kehamilan.

Dilansir dari laman Alodokter.Com, Rabu (24/3/2021), berikut bahaya minum soda saat masa kehamilan:

Kekurangan Asupan Kalsium

Kandungan yang tinggi pada juga dapat menghambat penyerapan kalsium. Jika ini terjadi, Anda berisiko untuk menderita di kemudian hari.

Memengaruhi Perkembangan Motorik Anak

Ibu hamil yang mengonsumsi banyak gula, terutama gula dari soda, cenderung melahirkan anak yang memiliki kemampuan pemecahan masalah yang buruk dan ingatan yang lemah.

Meningkatkan Risiko Kenaikan Berat Badan Berlebih

Soda termasuk ke dalam minuman manis yang mengandung gula dan kalori tinggi, sehingga konsumsi soda secara berlebihan dapat meyebabkan berat badan naik. Kelebihan berat badan saat hamil dapat meningkatkan risiko terjadinya keguguran, tekanan darah tinggi, persalinan prematur, serta kelebihan berat badan pada bayi.

Meningkatkan Risiko Bayi Lahir Cacat

Salah satu pemanis buatan yang umum terkandung dalam minuman bersoda adalah aspartam. Mengonsumsi aspartam saat hamil dapat meningkatkan risiko bayi lahir cacat.

Meningkatkan Risiko Bayi Lahir Dengan Berat Rendah

Minuman soda juga mengandung kafein yang tinggi. Kafein tidak boleh dikonsumsi secara berlebih karena zat ini dapat menembus plasenta dan memengaruhi perkembangan janin yang tidak baik.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.