Cara Gampang Cegah Infeksi Saluran Kemih

  • Bagikan
Infeksi Saluran Kemih
ilustrasi

PortalMadura.Com – Menunda buang air kecil terlalu lama memang tidak diperbolehkan. Hal ini karena bisa menjadi salah satu penyebab Infeksi Saluran Kemih (ISK). Tapi tidak hanya itu saja ISK terjadi, diabetes dan batu ginjal juga bisa menjadi penyebabnya.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, ada satu studi baru yang menemukan cara mudah untuk mencegah infeksi saluran kemih, yaitu dengan minum lebih banyak air.

Sebelumnya, dokter memang sudah menyarankan ini pada pasien yang sering mengalami ISK. Namun sekarang ada data yang mendukungnya, ujar Thomas Hooton, MD, dari University of Miami School of Medicine.

“Senang rasanya begitu tahu rekomendasi kami itu sahih, dan minum lebih banyak air adalah cara mudah dan aman untuk mencegah infeksi yang mengganggu dan menyakitkan ini,” ujarnya, melansir Prevention.

Hasil ini didapatkan setelah menguji 140 orang wanita perimenopause yang mengalami setidaknya tiga kali ISK dalam satu tahun terakhir. Mereka juga dilaporkan minum air dalam jumlah sedikit.

Kemudian, setengah wanita diminta minum 1,5 liter air setiap hari selama satu tahun. Sementara itu setengahnya tidak diminta mengubah pola minum mereka.

Pada akhir periode studi, mereka yang minum lebih banyak air, infeksinya menurun sampai 48 persen. Karena memiliki uretra yang lebih pendek, wanita memiliki kemungkinan lebih besar terkena ISK dibanding pria. Ini karena bakteri jadi lebih mudah masuk ke kandung kemih dari area kemaluan.

“Minum lebih banyak air memungkinkan bakteri ini lebih sering tersirat keluar, dan tidak menempel di dinding saluran kencing,” ujar Hooton.

Belum lagi, minum lebih banyak air juga memiliki banyak manfaat lain, kata Heather Bartlett, MD, dokter keluarga di Columbus, Ohio.

“Hidrasi bisa memberi keuntungan pada setiap sel dalam tubuh,” ujarnya. “Pada dasarnya, tubuh Anda menyukai fakta Anda minum lebih banyak air”.

Dia mengatakan, minum lebih banyak air bisa membantu mengatasi kulit kering, konstipasi, masalah pencernaan, dan bahkan keletihan dan keinginan makan makanan manis.

“Jika Anda ingin membuat resolusi yang berguna di tahun 2018, belilah botol minum berukuran besar, dan gunakan,” ujar Bartlett. (liputan6.com/Putri)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.