IPTEK  

Jangan Panik, Berikut Cara Kembalikan File yang Hilang dari Ponsel Anda

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Panik, Berikut Cara Kembalikan File yang Hilang dari Ponsel Anda
Ilustrasi (jurnalapps.co.id)

PortalMadura.Com – Jika Anda pernah mengalami tidak sengaja mengahpus foto dan dokumen penting pada Anda, jangan khawatir karena ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengambalikan file yang terhapus.

Dilansir dari laman Merdeka.Com, Sabtu (5/9/2020), berikut beberapa cara yang bisa Anda lalukan untuk mengembalikan file yang hilang di ponsel:

File Tersembunyi

Sebelum merasa file hilang, Anda harus mencoba memeriksa apakah Anda menghilangkan nya atau, sekedar menyembunyikan nya. Biasanya, virus juga bisa berulah untuk menyembunyikan file tanpa sepengetahuan Anda. Berikut hal yang harus dilakukan:

  • Masuk ke File Manager
  • Klik Menu, Settings, lalu ke Advanced
  • Klik Show Hidden Files
  • Jika file atau folder Anda muncul, berarti tidak hilang namun hanya tersembunyi.

Mungkin saja Anda memiliki backup cloud yang diaktifkan seperti Google Photos, OneDrive, atau Dropbox, yang tentu akan menyimpan file Anda secara otomatis. Berikut cara mencarinya:

  • Klik menu ikon yang berada di dekat bar pencarian
  • Klik Trash
  • Pilih gambar yang ingin Anda kembalikan, lalu klik Restore
  • File yang berada di folder Trash tidak akan hilang dalam 60 hari

SD Card

Jika Anda tak memiliki storage cloud, ada kemungkinan kalau file Anda ada di SD Card. Sehingga menggali file lewat program recovery SD Card mungkin bisa jadi solusi. Untuk melakukan ini, Anda harus menyambungkan ponsel Anda ke PC atau laptop. Anda juga harus menginstal sebuah program data recovery. Ada beberapa software recovery yang bisa Anda dapatkan, mulai dari Recuva, Puran File Recovery, hingga Disk Drill.

Cara ini adalah cara terakhir untuk mengembalikan file Anda. Namun hal ini bisa dilakukan dengan catatan, file Anda harus ada di dalam memori ponsel, bukan SD Card. Jika memang demikian, rooting adalah satu-satunya cara.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.