Cara Keringkan Helm Usai Kena Hujan, Jangan Sembarangan!

Avatar of PortalMadura.com
Cara Keringkan Helm Usai Kena Hujan, Jangan Sembarangan!
Ilustrasi (beritagar.id)

PortalMadura.Com – Penggunaan helm bagi pengendara roda dua memang diwajibkan, entah dalam kondisi panas maupun hujan. Semua pengendara tetap dianjurkan untuk menggunakannya. Saat cuaca lagi panas, helm bisa menjadi pelindung dari sengatan matahari.

Tapi ketika lagi hujan, penggunaan helm biasanya membuat tingkat kenyamanan pengendara menjadi berkurang. Kenapa bisa?. Hal ini lantaran bagian dalam helm atau busa pelindung kepala ikut basah karena terkena air hujan.

Selain bisa membuat kepala basah, kondisi helm yang lembab tersebut bukan tidak mungkin akan membuatnya bau jika dibiarkan. Oleh karena itu, di saat seperti itu, penting bagi pemotor untuk segera mengeringkan helm agar pelindung kepala tersebut tetap nyaman digunakan.

Sebagaimana dilansir Liputan6.com, yang dikutip dari laman Suzuki Indonesia, pengedara sebaiknya tidak membiarkan helm kering dengan sendirinya karena berisiko menjadi tempat bertumbuhnya jamur.

Lalu bagaimana cara mengeringkan helm?. Caranya, sebelum , bagian busa harus dicuci terlebih dahulu. Rendam dengan air hangat, kira-kira 70-80 derajat Celcius.

Lalu, gunakan sabun yang tidak mengandung deterjen, seperti sabun cair untuk kain batik. Saat helm sudah kering, sebaiknya pengendara melakukan pencucian kembali untuk mendapatkan hasil optimal. Hal ini berguna agar helm tidak bau dan membersihkan jamur secara merata.

Baca Juga : Cara Ini Bikin Helm Anda Bebas Bau dan Berjamur

Tidak lupa perhatikan kondisi sepeda motor kesayangan sebelum digunakan. Lakukan juga perawatan atau servis berkala agar sepeda motor selalu dalam kondisi prima dan siap dikendarai di musim hujan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.