oleh

Cara Keringkan Helm Usai Kena Hujan, Jangan Sembarangan!

PortalMadura.Com – Penggunaan helm bagi pengendara roda dua memang diwajibkan, entah dalam kondisi panas maupun hujan. Semua pengendara tetap dianjurkan untuk menggunakannya. Saat cuaca lagi panas, helm bisa menjadi pelindung dari sengatan matahari.

Tapi ketika lagi hujan, penggunaan helm biasanya membuat tingkat kenyamanan pengendara menjadi berkurang. Kenapa bisa?. Hal ini lantaran bagian dalam helm atau busa pelindung kepala ikut basah karena terkena air hujan.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Selain bisa membuat kepala basah, kondisi helm yang lembab tersebut bukan tidak mungkin akan membuatnya bau jika dibiarkan. Oleh karena itu, di saat seperti itu, penting bagi pemotor untuk segera mengeringkan helm agar pelindung kepala tersebut tetap nyaman digunakan.

Sebagaimana dilansir Liputan6.com, yang dikutip dari laman Suzuki Indonesia, pengedara sebaiknya tidak membiarkan helm kering dengan sendirinya karena berisiko menjadi tempat bertumbuhnya jamur.

Lalu bagaimana cara mengeringkan helm?. Caranya, sebelum menjemur helm, bagian busa harus dicuci terlebih dahulu. Rendam dengan air hangat, kira-kira 70-80 derajat Celcius.

Lalu, gunakan sabun yang tidak mengandung deterjen, seperti sabun cair untuk kain batik. Saat helm sudah kering, sebaiknya pengendara melakukan pencucian kembali untuk mendapatkan hasil optimal. Hal ini berguna agar helm tidak bau dan membersihkan jamur secara merata.

Baca Juga : Cara Ini Bikin Helm Anda Bebas Bau dan Berjamur

Tidak lupa perhatikan kondisi sepeda motor kesayangan sebelum digunakan. Lakukan juga perawatan atau servis berkala agar sepeda motor selalu dalam kondisi prima dan siap dikendarai di musim hujan.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar