Cara Meluruskan Rambut Secara Alami Tanpa Perlu Rusak Rambut

Avatar of PortalMadura.com
Cara Meluruskan Rambut Secara Alami Tanpa Perlu Rusak Rambut
ilustrasi

PortalMadura.Com – Jenis rambut yang seringkali menjadi dambaan kaum wanita yaitu rambut lurus. Sebab, rambut tersebut dipercaya bikin penampilan semakin cantik dan menarik.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meluruskannya. Hal yang umum didengar seperti alat pelurus rambut atau biasa disebut dengan bonding. Tapi alat ini menggunakan suhu tinggi dan ada bahan kimianya. Tentunya juga akan berdampak kurang baik pada rambut. Misalnya, rambut bercabang, kering dan lain sebagainya.

Sebagai gantinya, ada cara alternatif yang lebih aman dan alami untuk membentuk rambut Anda sesuai dengan gaya yang Anda inginkan. Mau tahu bagaimana Secara Alami?. Yuk intip triknya berikut ini:

Cara Secara Alami

Menyisir Rambut Basah Hingga Kering
Cara meluruskan rambut yang pertama cukup sederhana, yakni menyisir. Setelah selesai keramas, sisir rambut Anda hingga mengering dengan sendirinya. Metodenya adalah menarik, lalu pegang setiap bagian rambut selama beberapa detik dengan tujuan untuk meluruskannya.

Untuk lebih mempercepat proses pengeringan, Anda juga bisa melakukan cara pengeringan ini di depan kipas angin, namun lebih membutuhkan proses penyisiran rambut yang konstan.

Minyak Kedelai dan Minyak Jarak
Caranya, siapkan satu sendok makan minyak kedelai dan dua sendok makan minyak jarak. Masukkan ke dalam wadah, lalu campurkan ke dua bahan tersebut. Panaskan sebentar, lalu biarkan sampai menjadi dingin.

Kemudian oleskan pada helai rambut Anda, juga pada kulit kepala, sambil memijit dan mengurutnya. Diamkan selama 30 menit. Keramasi rambut dengan shampo dan air hangat.

Cuka dan Air
Cara meluruskan rambut secara alami menggunakan cuka dan air yaitu dengan memasukkan 5 tetes cuka ke dalam segelas air. Aplikasikan pada helai rambut Anda. Biarkan sebentar, lalu keramasilah rambut Anda.

Seledri
Caranya, siapkan seledri secukupnya, tambahkan secukupnya air lalu masukkan ke dalam blender dan haluskan. Oleskan jus seledri pada batang rambut Anda, lalu tutupi kepala dengan shower cap. Diamkan semalaman dan pagi harinya, keramasi rambut Anda dengan shampo dan air hangat.

Lidah Buaya
Caranya, ambil satu batang lidah buaya, belah dan ambil gelnya. Masukkan gel ke dalam wadah untuk merebus, panaskan gel lidah buaya tersebut hingga mencair. Setelah cairan lidah buaya dingin, oleskan pada batang rambut Anda, lalu biarkan dulu selama 30 menit. Keramasi rambut Anda dengan shampo dan air.

Tepung Beras dan Telur
Caranya, siapkan satu butir telur, pisahkan bagian putihnya dari bagian kuning. Masukkan putih telur ke dalam wadah, lalu tambahkan 5 sendok makan tepung beras, aduk sampai rata dan mengental. Aplikasikan pada rambut Anda, kemudian sisirilah rambut Anda. Biarkan dulu selama 1 jam, lalu keramasilah rambut dengan shampoo dan air hangat.

Yoghurt dan Telur
Cara alami meluruskan rambut bergelombang menggunakan yoghurt dan telur yaitu dengan menyiapkan putih telur saja dari 3 butir telur ayam. Tambahkan 3 cangkir yoghurt. Aduk sampai kedua campuran di atas merata dan terbentuk menjadi pasta.

Oleskan pasta masker pada batang rambut Anda dari ujung ke bawah, lalu tutupi rambut Anda dengan shower cap. Diamkan selama 20 menit. Keramasi rambut Anda dengan dan shampoo dan air hangat.

Pisang dan Pepaya
Caranya, tumbuk dan haluskan kedua buah di atas, lalu campurkan sampai merata. Tambahkan satu sendok makan madu, campur lagi. Aplikasikan campuran bahan di atas pada batang rambut dan kulit kepala Anda. Biarkan sejenak sampai mengering. Keramasi rambut Anda dengan shampoo.

Telur dan Susu
Caranya, siapkan 3 butir telur ayam, lalu ambil putih telurnya saja. Tambahkan 3 cangkir susu. Aduk sampai kedua campuran di atas merata dan terbentuk menjadi pasta. Oleskan pasta masker pada batang rambut Anda dari ujung ke bawah, lalu tutupi rambut Anda dengan shower cap. Diamkan selama 20 menit. Keramasi rambut Anda dengan shampoo serta air hangat.

Minyak Zaitun
Caranya, siapkan 1/2 cangkir minyak zaitun, masukkan ke dalam wadah, lalu panaskan selama beberapa menit. Tambahkan 1/2 cangkir daun rosemary kering, lalu masukkan ke dalam wadah yang berisi minyak zaitun panas, biarkan dulu sampai menjadi dingin.

Oleskan pada rambut dan kulit kepala Anda, sambil memijit-mijitnya. Biarkan selama 30 menit. Gunakan handuk hangat untuk menutupi rambut dan biarkan menjadi kering.

Minyak Goreng
Caranya, siapkan minyak goreng secukupnya. Lalu aplikasikan minyak goreng pada bagian batang rambut dan kulit kepala. Pijat dan urut selama beberapa menit, lalu sisirlah rambut dengan perlahan-lahan. Gunakan shower cap untuk menutupi rambut, lalu biarkan semalam. Esokan harinya, saat bangun di pagi hari keramasilah rambut Anda.

Itulah cara meluruskan rambut yang bisa Anda coba. Jadi, bagi pemilik rambut keriting, sudah tidak perlu khawatir lagi ya untuk membuat rambut Anda lurus secara alami. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. (liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.