Cara Memandikan Bayi Baru Lahir yang Wajib Diketahui Orang Tua

Avatar of PortalMadura.com
Cara Memandikan Bayi Baru Lahir yang Wajib Diketahui Orang Tua
Ilustrasi (alodokter.com)

PortalMadura.Com – Saat , memandikan menjadi momen yang dinanti sekaligus membuat gugup bagi para orang tua baru. Tidak sedikit orangtua yang khawatir saat karena takut jatuh. . Penting untuk mempersiapkan diri dan mengetahui agar Anda dan bayi tetap nyaman selama prosesnya.

Dilansir dari laman Fimela.Com, Jumat (21/8/2020), berikut beberapa cara memandikan bayi baru lahir yang perlu Anda ketahui.

Tali Pusar

Jika tali pusar belum dilepas, sebelum membersihkan sebaiknya menutupi tali pusar agar tetap kering. Lalu mulailah membersihkan area pangkal tali pusar dan sekitarnya dengan kapas bulat atau persegi.

Waktu yang Tepat

Mandikan bayi diwaktu yang tepat. Hindari memandikan bayi setelah minum ASI, karena perut bayi yang penuh membuatnya tidak nyaman. Sebaiknya mandikan bayi di pagi hari atau sore hari.

Membersihkan Mata

Sambil memegang kepala bayi, bersihkan area sekitar mata dengan lembut menggunakan kapas bulat atau persegi yang telah dibasahkan dengan air hangat. Gunakan kapas baru untuk masing-masing mata, dan selalu lakukan usapan dari sudut dalam mata menuju keluar.

Mencuci Rambut

Setelah membersihkan mata, lanjutkan mencuci rambut. Letakkan satu lengan di bawah punggungnya dan telapak tangan di belakang kepalanya. Lalu gunakan tangan satunya untuk membasahi rambut bayi menggunakan waslap. Oleskan sedikit sabun mandi bayi yang lembut. Kemudian bilas perlahan.

Membersihkan Wajah

Lanjutkan dengan membersihkan wajah. Bersihkan area wajah secara perlahan dan berhati-hati. Usap area sekitar mulut, hidung dan seluruh wajah bayi menggunakan waslap yang lembut. Lakukan usapan dari bagian tengah menuju keluar, cukup dengan air biasa. Beri perhatian khusus untuk bagian belakang telinga, bawah dagu, dan lipatan di leher. Ingat, jangan memasukkan apapun ke dalam telinga atau hidung. Tepuk-tepuk hingga kering.

Membersihkan Tubuh

Setelah semuanya selesai, lanjutkan untuk membersihkan tubuh. Gunakan sabun yang ringan khusus untuk bayimu. Basahi dan tuang sabun di tangan, dan mulailah membersihkan dari bagian leher hingga pinggang, termasuk lengan dan tangannya, lalu bilas seluruhnya dan keringkan tubuhnya. Tutup bagian atas tubuhnya dengan handuk agar bayi tetap hangat, dan usapkan handuk turun ke bagian tungkai, kaki, dan jari kakinya.

Ingatlah untuk membilas dan mengeringkan semua lipatan tubuh bayi dengan baik, karena kelembapan berlebih bisa menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Terakhir, bersihkan area popok menggunakan air hangat yang bersih. Bayi perempuan, usap area ini dengan lembut dari depan ke belakang, untuk bayi laki-laki, usap juga dari depan ke belakang. Bayi laki-laki yang belum disunat, cuci penis dan area kelaminnya dengan lembut.

Melembabkan

Setelah mandi dan sebelum menggunakan pakaian, ada baiknya melembapkan kulit si kecil menggunakan baby lotion atau baby oil.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.