Cara Memangkas Kesenjangan Pembangunan Daratan & Kepulauan Sumenep

Avatar of PortalMadura.com
Cara Memangkas Kesenjangan Pembangunan Daratan & Kepulauan Sumenep
Peta Sumenep (IST)

PortalMadura.Com, – Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur yang terdiri dari 27 kecamatan, 4 kelurahan, 330 desa dan sembilan kecamatan di antaranya berada di wilayah kepulauan dibutuhkan kerja keras dan program yang jitu untuk pemerataan pembangunan.

Kondisi tersebut sangat dipahami dan menjadi komitmen Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumenep, yang ikut kontestasi pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Sumenep, 9 Desember 2020.

Bahkan, Hal tersebut sudah tertuang dalam misi pasangan nomor urut 1, yakni memperkuat pembangunan infrastruktur berbasis lingkungan hidup yang berimbang antara daratan dan kepulauan.

Achmad Fauzi mengatakan, untuk mengurangi adanya disparitas antara wilayah daratan dan kepulauan, salah satunya tentu dengan memprioritaskan pembangunan infrastruktur di wilayah kepulauan.

Dengan ketersediaan infrastruktur yang memadai, Fauzi berharap hal tersebut melahirkan multi efek yang positif bagi kehiduapan masyarakat kepulauan.

“Salah satu dari delapan program unggulan kami adalah peningkatan infrastruktur dan mode transportasi kepulauan. Kami ingin mempercepat pembangunan jalan-jalan strategis,” paparnya, Jumat (20/11/2020).

Selain jalan-jalan strategis, dia juga mengaku akan mempercepat pembangunan saluran irigasi di wilayah kepulauan untuk menambah produktifitas hasil pertanian masyarakat di sana.

“Sarana telekomunikasi dan jaringan listrik agar bisa menyala 24 jam juga menjadi perhatian kami untuk mengurangi kesenjangan pembangunan antara daratan dan kepulauan,” ujar dia.

“Kemudian di sektor kesehatan, kami akan upayakan ada petugas Puskesmas keliling antar kepulauan, perahu dan mobil jenazah, serta peningkatan dan pemenuhan kapasitas para medis khususnya kepulauan,” tambahnya.

Salah seorang warga kepulauan, Rahman menilai program paslon nomor urut 1 untuk memangkas disparitas pembangunan di wilayah dan daratan sudah cukup bagus.

“Harapan saya program yang bagus itu harus betul-betul dilaksanakan jika ditakdir menjadi bupati dan wakil bupati,” urainya.

Program unggulan Fauzi Eva

Menurut warga Pulau Kangean ini, sektor infrastruktur, khususnya jalan strategis di wilayah kepulauan masih perlu mendapat perhatian lebih oleh siapapun yang menjadi pemimpin Sumenep untuk memangkas ketimpangan antara daratan dan kepulauan.

“Termasuk persoalan listrik dan sarana telekomunikasi juga perlu mendapat perhatian serius. Demikian juga dengan sarana prasarana kesehatan dan para medisnya,” tambah dia.

Sekadar diketahui, pasangan Achmad Fauzi-Dewi Khalifah () diusung oleh lima parpol pada pemilihan bupati dan wakil bupati Sumenep, yakni PDI Perjuangan, PAN, Gerindra, PKS dan PBB.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.