Anak Anda Pemalu? Cara Ini untuk Membantu Bersosialisasi

Anak Anda Pemalu? Cara Ini untuk Membantu Bersosialisasi
Ilustrasi (fimela.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Setiap anak dilahirkan berbeda-beda dengan segala keunikannya. Beberapa anak pemalu, ada yang ramah, dan ada yang memiliki rasa percaya diri tinggi. Sama seperti orang dewasa, tidak semua anak mudah bersosialisasi dengan orang baru.

Dilansir dari laman Fimela.Com, Senin (10/8/2020), berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk membantu anak pemalu mau bersosialisasi dengan orang lain.

Bagikan Perasaan Malu yang Pernah Dialami

Anda tentunya juga pernah mengalami saat-saat dimana Anda merasa malu. Cobalah untuk memberitahu anak tentang hal itu. Misal di hari pertama kerja atau merasa gugup tentang melakukan kerja tim, ceritakan pengalaman itu kepada anak. Empati yang Anda tunjukkan akan menunjukkan kepada anak bahwa mereka tidak sendirian dalam melawan rasa malu.

Tanyakan Masalahnya

Ketika anak merasa malu, tentu ada alasan mengapa anak bertingkah aneh saat di depan orang lain. Meskipun dia mungkin kesulitan mengekspresikan dirinya, dengan beberapa pertanyaan eksplorasi, orangtua mungkin dapat mengetahui akar masalahnya.

Bantu Mereka untuk Berteman

Beberapa anak mungkin tidak mudah untuk berteman dengan orang baru, terlebih jika mereka pemalu. Cobalah untuk memperkenalkan anak kepada seseorang yang seumuran dengannya.

Mungkin seseorang yang mereka kenal dari sekolah atau bahkan dari lingkungan sekitar. Jika mereka tampak nyaman bersama dan anak dapat bermain bersama, cobalah untuk mengajak anak-anak lain bermain bersama.

Jangan Panggil Anak Pemalu

Meskipun tidak menjadi masalah bagi setipa orang tua memiliki anak pemalu, tetapi jangan sampai memanggil anak dengan sebutan pemalu. Semakin sering Anda memanggilnya dengan kata pemalu, itu hanya akan membuat anak merasa tertekan. Menjadi pemalu tidaklah buruk, itu hanya bagian dari kepribadian anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.