Cara Memberi Saran Yang Baik Tanpa Menyinggung

Avatar of PortalMadura.com
Cara Memberi Saran Yang Baik Tanpa Menyinggung
Ilustrasi (superyouth.id)

PortalMadura.Com – Semua orang membutuhkan saran yang baik dan membangun dari orang lain. Namun, tidak semua orang pandai dalam agar bisa diterima oleh orang lain.

Lalu bagaimana cara memberi saran yang baik agar tidak menyinggung perasaan orang lain? Dilansir dari laman Fimela.Com, Senin, (13/7/2020), berikut ulasannya:

Cara Memberi Saran Yang Baik Tanpa Menyinggung

 

Sampaikan Saran Secara Tertutup

Pertama, memberi saran yang baik untuk orang lain adalah dengan cara menyampaikannya dengan tertutup ketika sedang ngobrol berdua dengan orang yang meminta saran. Itu akan jauh lebih nyaman dan mudah diterima karena ia tidak merasa dipermalukan didepan umum.

Puji Dulu Sebelum Memberi Saran

Sebelum Anda memberi saran, pujilah dulu hal baik apa yang ia telah lakukan. Dengan begitu, saat Anda memberi saran, ia tidak akan salah paham dan lebih mudah menerimanya.

Jangan Lupakan Kata Maaf

Cara memberi saran yang baik selanjutnya ialah dengan tidak melupakan kata maaf diawal pembuka saat kamu memberi saran dan juga saat menutup percakapan. Kata maaf ini penting sebagai tanda bahwa kamu memang sedari awal tidak ada maksud untuk menyinggung apalagi menjatuhkannya.

Berikan Solusi

Memberi saran dan kritik memang boleh saja, namun akan lebih baik lagi jika kamu juga memberikan solusi atau pilihan lain yang lebih baik untuknya. Dengan begini, Anda juga tidak hanya pandai mengomentari orang lain tetapi juga mampu menawarkan solusi yang lebih baik.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.