oleh

Enam Bulan, Penderita TBC di Pamekasan Capai 274 Orang

PortalMadura.Com, Pamekasan – Jumlah penderita penyakit Tuberculosis (TBC) di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, relatif tinggi. Terhitung mulai Januari sampai Juni 2020 tercatat sebanyak 274 penderita.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan, Achmad Marsuki melalui Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr. Nanang Suyanto mengungkapkan, jumlah penderita tahun 2020 menurun apabila dibandingkan dengan tahun 2019. Sebab, pada tahun sebelumnya mencapai 1.101 penderita selama 12 bulan.

“Penyebab dari penyakit ini bermacam-macam, mulai sosial ekonomi, pendidikan yang rendah, dan kebiasaan pola hidup,” ungkapnya, Senin (13/7/2020).

Menurutnya, adapun jenis penyakit ini menyerang paru-paru dengan gejala batuk berdahak, kurang nafsu makan, penurunan berat badan dan lain-lain. Pihaknya memiliki beberapa program untuk menekan penyakit itu. Termasuk program Temukan Obati Sampai (TOS).

“Kami melakukan beberapa upaya untuk menekan penyakit tersebut. Untuk tahun 2019, penderita TBC paling banyak di Kecamatan Waru yang mencapai 108 penderita,” pungkasnya.(*)

Penulis : Marzukiy
Editor : Raudatul Fitrah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.