oleh

Cara Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Minat dan Bakat

PortalMadura.Com – Setelah lulus dari SMA, terkadang Anda masih bingung untuk memilih jurusan kuliah yang sesuai minat dan bakat Anda. Pilihan tersebut menentukan masa depan Anda, jadi jangan sampai salah memilih jurusan.

Bagi sebagian orang, memilih jurusan kuliah bukanlah hal yang mudah. Apalagi, jika Anda belum mengenal dirimu sendiri dan masih bertanya-tanya ‘Apa minat saya?’ atau ‘Apa bakat yang saya miliki?”.

iklan pilbup

Dilansir dari laman Seruni.Id, Rabu (29/7/2020) berikut ini cara mudah untuk memilih jurusan kuliah sesuai dengan minat dan bakat yang Anda miliki.

Membuat Daftar

Selama Anda menjalani masa pendidikan 12 tahun, tentu sudah banyak bergaul ke sana ke mari, yang membuatmu memiliki potensi dibidang tertentu. Namun, mungkin saja dirimu terlalu mengabaikannya dan tidak mengeksplornya, maka hal tersebut jadi tertutupi.

Maka dari itu, Anda bisa membuat sebuah daftar, yang berisi tentang kegiatan apa saja yang pernah Anda coba selama ini. Buatlah tiga kolom berisi kegiatan, ketertarikan, serta kemampuan. Dari beberapa yang dicentang, pilihan Anda bisa lebih mengerucut. Hal ini juga berlaku untuk mata pelajaran selama sekolah.

Membuat List Jurusan yang Anda Minati

Setelah membuat daftar apa yang sudah menjadi minatmu, saatnya untuk memilih jurusan yang sesuai dengan minat Anda. Cobalah untuk membuat daftar beberapa jurusan yang paling mendekati. Kemudian, Anda bisa mencoret satu persatu jurusan yang tidak sesuai dengan diri Anda. Sampai pada akhirnya tersisa satu jurusan yang akan menjadi pilihanmu.

Ketahui Hal yang Anda Kuasai dari Nilai atau Prestasi

Penting sekali untuk mengetahui hal apa yang Anda kuasai saat duduk di bangku sekolah. Coba cek kembali nilai-nilai Anda, seperti mata pelajaran apa yang selalu mendapatkan nilai paling baik. Dari sinilah, Anda bisa mencari program studi yang berkaitan dengan nilai tersebut.

Anda juga bisa melihat prestasi yang berhasil Anda raih di bidang lain selain pelajaran di sekolah. Contohnya, Anda memiliki kemampuan dalam hal mendesain baju, maka Anda bisa mengambil jurusan yang berkaitan erat dengan bakat Anda.

Konsultasi dengan Orang yang Berpengalaman

Jika Anda masih bingung dalam menentukan jurusan, lebih baik untuk berkonsultasi dengan orang yang berpengalaman. Entah itu kakakmu, guru di sekolah, atau bahkan orangtuamu sendiri. Biasanya tanpa disadari, orangtua lebih mengetahui dirimu dibandingkan dengan dirimu sendiri. Maka, jangan sungkan untuk meminta pendapat serta arahan agar Anda semakin mantap menentukan pilihan.

Pertimbangkan Masalah Biaya

Ketika memilih jurusan kuliah, masalah biaya tak luput dari pertimbangan. Misalnya, Anda memilih untuk menempuh pendidikan di luar kota domisili sekarang, pastinya biaya yang dibutuhkan pun akan lebih banyak.

Mulai biaya untuk sewa kos, hingga kebutuhan sehari-hari. Maka dari itu, jangan sampai biaya menjadi hambatan untuk melanjutkan pendidikan di universitas dan jurusan yang Anda impikan. Anda bisa kuliah sambil kerja sampingan atau mencari beasiswa untuk meringankan biaya kuliah.

Jangan Mudah Menyerah

Jika Anda sudah yakin dengan jurusan yang Anda pilih, langkah berikutnya adalah melakukan segala persiapannya semaksimal mungkin dan bertempat di SBMPTN. Jika hasilnya tidak seperti yang Anda harapakan, jangan langsung berkecil hati. Masih ada jalur lain yang bisa Anda coba. Masih ada kesempatan, untuk mencoba jalur mandiri atau mendaftar di universitas swasta.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : seruni.id
Tirto.ID
Loading...

Komentar