Penting 5 Cara Mencegah Flek Hitam di Wajah

Avatar of PortalMadura.com
Penting 5 Cara Mencegah Flek Hitam di Wajah
Penting 5 Cara Mencegah Flek Hitam di Wajah

PortalMadura.com- adalah salah satu masalah kulit yang paling umum pada wanita. Wanita kerap menjalani berbagai perawatan untuk mencegah dan menghilangkan flek hitam yang bisa membuat wajah terlihat tidak sempurna.

Laporan dari medicalnewstoday.com Flek hitam biasanya disebabkan oleh hiperpigmentasi yang terjadi saat kulit memproduksi terlalu banyak melanin. Tidak hanya itu, paparan sinar matahari, penuaan, dan perubahan hormonal (seperti kehamilan atau menopause) juga dapat menyebabkan hiperpigmentasi.

“Flek hitam, atau hiperpigmentasi, disebabkan oleh produksi melanin yang berlebihan di kulit oleh melanosit,” kata ahli bedah plastik Melissa Doft, MD.

Cara Mencegah Flek Hitam di Wajah

Ada berbagai perawatan yang tersedia untuk mencegah flek hitam di wajah. Berikut rangkuman Phimeira tentang cara mencegah flek hitam di wajah, seperti dilansir dari berbagai sumber, seperti:

1. Gunakan Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu vitamin dengan banyak manfaat.Vitamin C bertindak sebagai antioksidan topikal dan membantu menghentikan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan kulit, seperti garis-garis halus, kerutan, dan .

Dengan kandungannya, vitamin C mencerahkan wajah dan menargetkan area hiperpigmentasi yang dianggap bermasalah. Nah, anda bisa menggunakan facial yang mengandung vitamin C untuk mencegah flek hitam di wajah.

2. Jangan pernah melewatkan tabir surya

Salah satu cara untuk mencegah flek hitam yang sedang populer di kalangan masyarakat umum adalah dengan menggunakan tabir surya. Sebagaian besar anda mungkin sudah banyak yang tahu bahwa paparan sinar matahari menjadi salah satu penyebab munculnya flek hitam di wajah.

Oleh karena itu, untuk mencegahnya adalah dengan menggunakan tabir surya di dalam dan di luar ruangan.

Tabir surya mengandung seng oksida atau titanium oksida, yang menghalangi sinar matahari, yang dapat menyebabkan munculnya bintik hitam.

Anda dapat menggunakan setidaknya tabir surya SPF 30 untuk melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar UVA dan UVB. Untuk menggunakannya, oleskan tabir surya setiap dua jam jika Anda langsung berada di luar ruangan.

3. Cegah dengan kandungan asam azelaic

Jika teman Phimeira sudah memiliki beberapa flek hitam di wajahnya, dia bisa menggunakan produk perawatan yang mengandung asam azelaic. Bahan yang kurang dikenal ini sering direkomendasikan oleh beberapa dokter kulit sebagai pengobatan khusus untuk bintik hitam.

“Asam azelaic adalah ekstrak alami dari oat, gandum atau gandum hitam yang mengganggu produksi hiperpigmentasi abnormal. Ia memiliki sifat antibakteri dan dapat membantu menghilangkan jerawat dan bekas jerawat yang tertinggal,” jelas Dr. Zeichner dikutip dari self.com.

Selain mencegah flek hitam di wajah, kandungan asam azelaic mampu mengatasi kemerahan, bekas jerawat dan berbagai masalah kulit lainnya.

4. Lakukan eksfoliasi dengan hati-hati

Eksfoliasi merupakan salah satu perawatan wajah yang sedang menjadi tren di masa pandemi Covid-19. Selain mampu mengangkat sel kulit mati, eksfoliasi juga mencegah munculnya flek hitam di wajah sehingga menghasilkan kulit yang lebih cerah.

Seiring waktu, perawatan ini merangsang produksi kolagen, meningkatkan pergantian sel, dan mengurangi munculnya bintik hitam.

Namun, perlu diketahui bahwa pengelupasan kulit dapat menyebabkan iritasi, terutama pada . Oleh karena itu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum melakukan eksfoliasi.

5. Pencegahan dengan retinoid

Retinoid mengandung turunan vitamin A yang meningkatkan pergantian sel kulit baru, sehingga memudarkan bintik hitam seiring waktu. Namun, produk perawatan kulit ini tidak boleh digunakan terus-menerus karena dapat menyebabkan iritasi.

Juga, produk yang mengandung retinoid tidak cocok untuk digunakan selama kehamilan, karena vitamin A terkadang dapat menyebabkan kelainan kelahiran. Selain itu dapat membuat kulit sensitif terhadap sinar UV, jadi penting untuk menggunakan SPF yang aman saat menggunakan retinoid.

Walaupun felek hitam menggangu rasa percaya diri anda, perlu kami tekankan untuk melakukan perawatan yang terpercaya dan kalau perlu anda berkonsultasi dengan dokter kulit pribadi.

Jangan karean anda inginmenghilangkan flek hitam diwajah anda menguncakan Cara Mencegah Flek Hitam di Wajah yang malah nantinya membaut anda rusak.

Ingat setiap perawatan wajah itu untuk menghasilkan kulit wajah yang juga mempertimbangkan kesehatan wajah itu sendiri, jangan sampai anda kecewa di kemudian hari(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.