Cara Mengajarkan Anak Berhitung dengan Mudah Dalam Kehidupan Sehari-hari

Avatar of PortalMadura.com
Cara Mengajarkan Anak Berhitung dengan Mudah Dalam Kehidupan Sehari-hari
Ilustrasi (enervon.co.id)

PortalMadura.Com – Berhitung adalah kemampuan akademik dasar yang dapat diajarkan pada anak sejak dini. Kemampuan berhitung berkaitan dengan perkembangan aspek kognitif pada tumbuh kembang anak itu sendiri.

Anda membutuhkan media untuk membantu anak dalam memahami angka, konsep, dan operasi hitung sederhana dengan mudah.

Dilansir dari laman Popmama.Com, Senin (7/6/2021) berikut ini cara untuk Anda agar mempermudah secara efektif:

Saat Ulang Tahun, Ajak untuk Mengenal Angka

Saat anak berulang tahun mungkin Anda tidak menyadari, bahwa saat itu ia sudah mengenal angka melalui lilin di kue ulang tahunnya. Manfaatkan hal tersebut untuk memperkenalkan angka selain angka lilin yang berada di kue ulang tahunnya. Tidak hanya melalui lilin yang ada diatas kuenya, Anda juga dapat mengajak untuk menghitung jumlah hadiah ulang tahunnya yang didapatkan dari teman-temannya.

Menghitung Makanan

Anda dapat mengajarkan berhitung angka 1,2 dan 3 saat mereka makan. Misalnya dengan meletakkan 2 butir kacang di sendok makannya. Lalu katakan, “ini ada 2 kacang untuk adik makan”. Anda juga bisa menggunakan permen atau cokelat koin kesukaannya. Ajak ia menghitungnya terlebih dahulu sebelum dimakan.

Menghitung Buah yang Ada Di Kulkas

Hampir setiap anak-anak senang sekali mengaduk isi kulkas. Mereka suka dengan buah-buahan yang bulat dan warnanya menarik. Jadi, manfaatkan saja tomat, jeruk, atau apapun yang menarik perhatiannya untuk belajar berhitung. Daripada harus melarangnya memainkan isi kulkas, lebih baik ajak saja ia bermain sekaligus belajar.

Belajar Berhitung Melalui Lagu

Lagu “Satu Satu Aku Sayang Ibu” adalah salah satu lagu anak yang banyak dikenal anak-anak. Lagu itu merupakan salah satu lagu untuk belajar berhitung. Nyanyikanlah lagu tersebut sambil memperagakannya dengan jari. Hal itu dapat mengenalkan hitungan 1,2 dan 3 pada anak dengan cara yang menyenangkan. Lagu “Balonku Ada Lima” juga dapat melatih logikanya mengurangi bilangan.

Menghitung Saat Memakai Sepatu

Anak-anak senang sekali mencoba sepatu milik ayah dan mamanya. Salah satu cara untuk mengatasi kebiasaan ini, cobalah ajak ia menghitung sepatu itu. Benda yang menarik perhatian anak biasanya cenderung membuatnya lebih cepat belajar. Setiap kali memakaikan sepatu kepadanya, ajaklah ia menghitung sepatunya. Walaupun baru sampai angka 2, hal ini merupakan langkah yang baik untuk mengenalkan angka kepada mereka. Anda juga bisa mengajaknya menghitung beberapa pasang sepatu di rak sepatu.

Belajar Berhitung Melalui Mainan

Mainan adalah benda yang paling disukai oleh anak-anak. Ajak si kecil belajar berhitung menggunakan mainan kesayangannya. Jika anak mama menyukai mainan kereta, tempelkanlah angka-angka di setiap gerbong kereta, lalu ajak ia untuk merangkai gerbong-gerbong tersebut berdasarkan angkanya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.