oleh

Cara Mengatasi Anak Bosan Selama di Rumah Saat Pandemik Covid-19

PortalMadura.Com – Kebijakan social distancing sudah dilakukan hampir seluruh masyarakat di berbagai wilayah Indonesia. Masyarakat sudah mulai melakukan kegiatan bekerja dari rumah, belajar di rumah dan beribadah di rumah. Kebijakan ini mengharuskan masyarakat untuk menghabiskan banyak waktu seharian di rumah.

Kebijakan untuk tetap berada di rumah dalam jangka waktu yang cukup panjang membuat anak merasa bosan jika aktivitas kesehariannya yang biasanya dilakukan di luar rumah, harus dilakukan di dalam rumah. Anda sebagai orang tua perlu memberikan pemahaman bahwa keadaan di luar rumah sedang tidak baik, sehingga harus berada di rumah untuk sementara waktu. Selain itu, Anda juga perlu mengajak anak untuk melakukan berbagai aktivitas bersama untuk menghilangkan rasa bosan selama di rumah.

iklan pilbup

Dilansir dari laman Merdeka.Com, Kamis (9/7/2020) berikut ini beberapa kegiatan untuk mengatasi anak bosan di rumah selama melakukan social distancing.

Cara Mengatasi Anak Bosan Selama di Rumah Saat Pandemik Covid-19

Memasak

Mengajak anak untuk memasak bersama bisa menjadi salah satu cara mengatasi anak bosan saat berada di rumah. Libatkan anak untuk mengerjakan beberapa hal sederhana seperti menyiapkan bahan-bahan makanan yang akan dimasak, memotong sayur, atau menyajikan makanan dalam piring atau mangkuk. Jangan lupa dampingi anak setiap mengerjakan hal tersebut agar tetap aman.

Selain mengajak anak untuk memasak makanan sehari-hari, Anda juga bisa mengajak anak untuk membuat makanan yang ringan. Seperti pudding, kue, salad buah dan sebagainya. Anak akan merasa senang jika dilibatkan. Dengan begitu aktivitas anak di rumah akan lebih bervariasi sehingga anak tidak mudah bosan.

Bermain

Seorang anak pasti senang saat bermain. Ajaklah mereka bermain bersama di dalam rumah untuk mengatasi rasa bosan mereka. Ajak anak untuk bermain puzzle, menyusun kepingan puzzle dapat melatih fokus otak dan mengasah ketelitian dengan baik.

Selain itu ajak anak bermain musik, Jika Anda mempunyai alat musik seperti piano atau gitar, ajaklah anak untuk bermain dan bernyanyi bersama. Dalam hal ini Anda bisa mengajarkan anak bermain musik. Kegiatan ini secara tidak langsung akan merangsang daya kreatif dan imajinasi anak melalui seni. Dengan demikian, rasa penat dan bosan yang datang bisa sejenak hilang.

Melukis

Selain bermain, Anda juga bisa mengajak anak melukis bersama. Hal ini juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi anak bosan di rumah selama social distancing. Cukup dengan memanfaatkan alat lukis yang dimiliki anak, Anda bisa melakukan kegiatan melukis bersama anak dengan menyenangkan. Hasil karya lukisan pun bisa ditempel pada dinding rumah untuk membuat percaya diri dan bangga dengan karya sendiri.

Merawat Tanaman

Selama social distancing juga bisa melakukan kegiatan berkebun. Ajaklah anak untuk merawat tanaman di halaman rumah agar terjaga bersih dan asri. Selain dapat menghilangkan rasa penat dan bosan, kegiatan ini juga bisa mengenalkan anak bagaimana cara berkebun dan menjaga kebersihan lingkungan dengan baik. Bukan hanya itu, halaman yang bersih dan sehat juga bisa menghindarkan keluarga dari berbagai macam penyakit.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar