oleh

Cara Mengatasi Anak yang Suka Menyakiti Diri Sendiri

PortalMadura.Com – Melihat anak tantrum sampai menyakiti diri sendiri, seperti memukul atau bahkan menghantukkan bagian tubuhnya ke benda keras, tentu bikin khawatir. Beberapa anak tidak begitu peduli dengan rasa sakit yang dialami saat mereka menyakiti sendiri. Ada yang kerap memukul kepala meski terasa sakit. Ada juga yang terus memukul benda keras sampai tangannya memerah.

Jika dibiarkan, hal ini bisa membahayakan keselamatan tubuh dan mentalnya. Dilansir dari laman Popmama.Com, Selasa (22/12/2020) berikut cara mengatasi anak yang suka menyakiti diri sendiri.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Meminimalisir Hal yang Memancing

Jikan Anda tahu perihal apa saja yang bisa memancing mereka menyakiti diri sendiri, maka hindari hal tersebut dari anak. Misal anak tidak suka jika disuruh berhenti bermain secara tiba-tiba. Maka, Anda bisa memberi pengingat bahwa waktu main mereka akan selesai.

Saat mereka mengetahui apa yang akan terjadi, anak jadi lebih mengerti dan bisa menerima kenyataan saat harus selesai main. Hal ini berlaku untuk segala macam hal yang bisa membuat mereka tantrum dan menyakiti diri sendiri.

Peluk Sambil Bantu Mereka Mengurai Perasaan

Cara terbaik melindungi mereka dari menyakiti diri sendiri dengan memeluknya. Tubuh orang tua yang lebih besar dari anak mampu menahan tindakan yang bisa menyakiti dirinya. Sembari memeluknya, bantu mereka untuk menguraikan apa yang dirasakan. Misal anak merasa kecewa karena tidak mendapat mainan. Anda bisa mengenalkan perasaan kecewa tersebut.

Dengan begitu, mereka jadi mengenal ragam emosi yang dirasakan dan mengerti harus melakukan apa di kemudian hari. Jangan lupa untuk mengatakan Anda menyayanginya apapun yang terjadi. Sehingga anak tetap merasa disayang dan diterima orang tuanya.

Beri Penjelasan Di Lain Waktu

Beri penjelasan mengenai buruknya menyakiti diri sendiri saat anak menurunkan emosinya dan kembali tenang. Di lain waktu, saat suasana sedang kondusif, angkat kembali pembicaraan mengenai kebiasaannya yang suka menyakiti diri sendiri.

Ceritakan ulang kejadian pada waktu itu dan beri alasan kenapa hal itu tidak baik. Tidak lupa juga untuk memberi solusi jika hal itu terjadi lagi.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar