oleh

5 Cara Mengatasi Bayi yang Sering Kentut

PortalMadura.Com – Semua orang dari kalangan usia, anak-anak maupun orang dewasa pasti pernah kentut. Kentut memang bukan sembarangan angin, kentut disebabkan oleh pengeluaran gas yang berlebihan dari dalam usus melalui anus. Bayi sering kentut merupakan hal yang umum terjadi karena mereka sering menangis dan mengisap dot, sehingga banyak udara dapat masuk dan terperangkap di lambung.

Bayi bisa mengeluarkan gas antara 15-20 kali sehari. Bayi sering kentut merupakan hal yang umum terjadi karena mereka sering menangis dan mengisap dot, sehingga banyak udara dapat masuk dan terperangkap di lambung. Bayi sering kentut merupakan satu tanda bahwa terlalu banyak gas di dalam perutnya. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Sabtu (26/9/2020) berikut beberapa hal yang bisa dilakukan guna membuat perut bayi lebih nyaman.

Cegah Bayi Menelan Udara Berlebihan

Agar tidak banyak menelan udara, cobalah beri makan sebelum bayi menangis karena kelaparan. Ketika menangis akibat lapar, bayi cenderung menelan angin yang akibatnya membuat perutnya menjadi kembung.

Kemudian beri bayi susu dengan posisi kepala sedikit tegak untuk membantu susu mengalir lancar ke dalam perut. Saat bayi menyusu dengan botol, atur lubang dot agar jangan terlalu besar atau terlalu kecil untuk menghindari bayi menelan banyak udara.

iklan hari santri

Bantu Bayi Sendawa

Bayi sering kentut akan sedikit membantu ketika dia sendawa. Saat sendawa, maka gas yang terjebak di dalam lambung dapat keluar melalui mulut. Bila perlu, tegakkan bayi agar bisa bersendawa ketika mengganti sisi saat menyusui. Jika bayi menyusu dari botol, lakukan hal ini setiap beberapa menit sekali.

Lakukan Gerakan Olahraga Ringan untuk Si Kecil

Cara untuk memudahkan pengeluaran gas dari dalam perut, Anda bisa menggerakkan kaki bayi Anda selayaknya dia sedang mengendarai sepeda. Caranya, letakkan bayi dalam keadaan terlentang di kasur dan pegang kedua kakinya. Kemudian gerakkan dengan lembut secara bergantian seperti sedang mengayuh sepeda. Gerakan ini dinilai dapat mengurangi ketidaknyamanan pada perut bayi dan mendorong gelembung-gelembung udara keluar melalui usus.

Pijat Perut Bayi

Cara lain yang bisa dilakukan agar gas dalam perut bayi makin mudah keluar adalah dengan memijat perut bayi. Lakukan secara lembut dan berhati-hati. Selain membantu menghilangkan gas, pijatan lembut pada perut bayi akan membuat perutnya makin terasa nyaman dan bayi lebih relaks.

Memakai Obat Pengusir Gas

Anda juga bisa memberikan obat untuk mengurangi timbunan gas di perut bayi. Sebaiknya minta saran dokter untuk mendapatkan obat yang tepat. Anda juga dapat meminta informasi mengenai risiko efek samping negatif obat tersebut.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : alodokter.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.