oleh

Cara Mengetahui Kekurangan yang Ada pada Diri Sendiri

PortalMadura.Com – Manusia menjadi makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna dengan bekal pikiran dan akal. Meski demikian, dalam dunia ini tidak ada manusia yang paling sempurna. Setiap manusia memiliki kodrat yang sama, yaitu dengan memiliki kelebihan dan kekurangan.

Banyak dari kita yang justru menyembunyikan kekurangan dirinya. Akan tetapi, bukan berarti ia tidak melihat kekurangannya, karena sebagai manusia yang memiliki akal, akan mengetahui setiap kekurangan yang dimilikinya.

iklan pilbup

Dilansir dari laman Seruni.Id, Minggu (26/7/2020) berikut cara kita mengetahui kekurangan yang kita miliki.

Meminta Pendapat Dari Seorang Teman

Cara yang pertama untuk mengetahui kekurangan pada diri sendiri, Anda bisa melakukan dengan teman yang menurutmu paling dewasa di antara teman lainnya. Mintalah pendapatnya tentang kekurangan yang ada pada diri Anda. Ketika dia telah menjelaskan secara jujur, maka Anda tidak boleh memasang wajah marah, Anda harus tetap bergembira apapun jawabannya. Hal ini bertujuan untuk menjaga perasaannya.

Perhatikan Apa yang Dikatakan Orang Lain

Cara yang kedua yaitu dengan memperhatikan apa yang dikatakan orang. Tapi kita tidak boleh sepenuhnya mendengarkan Perkataan orang lain. Cobalah untuk memperhatikan perkataan tetangga, saudara, dan semua orang yang berhubungan tentang diri Anda, dari itulah Anda akan mengetahui sedikit banyak kekurangan diri Anda.

Membayangkan Segala Perbuatan yang Dilakukan.

Cara yang selanjutnya, Anda bisa membayangkan segala perbuatan yang pernah Anda lakukan, dan terjadi pada orang lain. Kemudian, lakukan apa yang menurut Anda baik dan tinggalkan apa yang dianggap buruk.

Memikirkan Akibat dari Kekurangan

Selanjutnya, Anda bisa memikirkan akibat dari kekurangan yang Anda miliki. Sehingga, Anda bisa melihat akibat buruk dari keburukan serta akibat baik dari suatu kebaikan.

Perlihatkan Amal Perbuatan

Cobalah untuk memperlihatkan amal perbuatanmu kepada orang yang mengerti, bentangkan di atas ukuran syara’ dan letakkan di atas timbangan-timbangan keadilan, pasti Anda akan dapat melihat mana yang utama dan mana yang hina.

Melihat Para Pelaku Amal Perbuatan

Lihatlah para pelaku amal perbuatan, lalu bandingkan amal perbuatanmu dengan amal perbuatan mereka. Sehingga Anda akan melihat bahwa bekas dari kekurangan adalah aib dan akan menjauhinya.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : seruni.id
Tirto.ID
Loading...

Komentar