oleh

Tips dan Cara Mengganti Aki Mobil Sendiri di Rumah

PortalMadura.com– Tidak seperti Sepeda Motor, Mengganti Aki Mobil ternyata dirasa sangat sulit dan beresiko bagi sebagian pemilik mobil. Terutama resiko kerusakan pada Electronic Control Unit (ECU) bila terjadi kesalahan saat melepas dan memasang Aki Mobil.

Padahal jika proses mengganti aki mobil dilakukan dengan benar, prosesnya cukup sederhana dan anda bisa melakukannya sendiri dirumah. Tentu hal ini akan menghemat biaya yang anda keluarkan jika harus ke bengkel.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Lalu bagaiamana proses mengganti aki mobil? berikut langkah-langkah yang perlu anda perhatikan saat mengganti aki mobil sendiri:

Cara Mengganti Aki Mobil Sendiri di Rumah

Matikan mesin mobil

matikan mesin mobil
matikan mesin mobil

Prosedur pertama dalam mengganti aki mobil ialah pastikan mesin mobil dalam kondisi mati dan kontak di posisi OFF. Diamkan sejenak, sekitar 1 hingga 2 menit untuk meyakinkan komponen kelistrikan mobil benar-benar sudah tidak aktif. Selain kelistrikan, memberi jeda waktu saat ingin mengganti aki juga berperan untuk menjauhkan kerusakan pada ECU.

Buka kap mobil dan lepaskan terminal negatif aki

buka kap mobil untuk mengganti aki mobil
buka kap mobil untuk mengganti aki mobil

Lalu langkah berikunya, buka kap mobil serta lepaskan terminal negatif terlebih dahulu untuk mencegah terjadinya percikan api. Caranya, longgarkan baut pada terminal dengan memakai kunci pas. Umumnya, baut terminal berukuran 8 atau 10 milimeter.

lepaskan terminal negatif aki
lepaskan terminal negatif aki

Sesudah terminal negatif telah lepas, lakukan hal yang sama terhadap terminal positif aki. Amat penting untuk melepas terminal negatif sebelum terminal positif, jadi tidak boleh sampai tertukar.

Lepas aki yang ingin diganti

Lepas Aki mobil Lama
Lepas Aki mobil Lama

Kemudian adalah mencabut aki yang lama dari tempat dudukannya. Hati-hati saat mengangkat aki sebab beratnya bisa mencapai 20 kilogram lebih. Jika merasa berat, mintalah bantuan orang lain buat mengangkatnya bersama.

Bersihkan kabel terminal dan dudukan aki

bersihkan terminal aki mobil
bersihkan terminal aki mobil

Setelah Aki terlepas, anda disarankan untuk membersihkan karat yang ada di kabel terminal dan dudukan aki mobil. Untuk membersihkanya bisa memakai sikat gigi bekas serta baking soda.

Tapi, jika masih susah untuk dibersihkan, coba gunakan sikat kawat supaya karat cepat terangkat. Usahakan seluruh baking soda dan karat tercuci sampai bersih.

Setelah bersih, keringkan terminal dan dudukan aki dengan kain sampai kandungan air hilang. Anda juga bisa melumasi terminal aki dengan jeli pertroleum agar mudah untuk memasangnya kembali.

Pasang aki baru

memasang aki mobil baru
memasang aki mobil baru

Saat memasang aki baru, usahakan kapasitas dan ukurannya sama dengan standar yang diberikan pabrikan. Kemudian, pasang terminal positif terlebih dahulu, lalu terminal negatif.

Saat memasang aki baru perhatikan posisi kutub positif dan negatif, jangan sampai terbalik karena berpotensi merusak komponen kelistrikan dan ECU.

Ada beberapa mobil yang membutuhkan reset ECU setelah ganti aki baru, hal ini ditandai dengan takometer, central lock, dan power window bermasalah, atau indikator cek engine menyala. Untuk itu anda perlu perg ke bengkel resmi untuk mereset mobil anda.

Memilih Aki Mobil yang tepat

Saat ini anda sudah mengetahui langkah mengganti aki mobil sendiri, namun jangan sampai salah dalam memilih aki. Berikut tipnsya

Tips membeli aki mobil

1. Sesuaikan jenis aki mobil dengan kebutuhan anda.

Ada beragam jenis kaki mobil seperti Aki Kering, Aki Basah, Aki kalsium, gel, dan hybrid. Tapi umumnya Aki Kering dan Aki Basah yang umumnya sering digunakan.

Pada aki basah anda dituntut melakukan perawatan rutin, terutama pengecekan ketinggian air aki. Namun aki basah bisa digunakan berulang-ulang. Sedangkan aki kering dikenal sebagai maintenance free (MF), artinya anda tidak perlu melakukan perawatan rutin namun harga aki kering lebih tinggi.

2. Merek aki terpercaya

Terdapat banyak merek aki di pasaran, masing-masing mengklaim mereknya ialah yang terbaik. Dengan begitu, anda wajib lebih jeli lagi akan kebutuhan mobilmu. Pilihlah merek yang memang benar-benar ternama dan telah teruji kualitas dan daya tahannya saat anda akan mengganti aki mobil.

3. Garansi

Umumnya, garansi yang diberikan adalah satu tahun. Bila aki yang kamu beli tidak mendapat garansi dari produsennya, sebaiknya pikir ulang kembali untuk memilihnya.

4. Kapasitas aki

Pastikan kapasitas aki mobil anda sesuai dengan kebutuhan, terutama jika anda menambahkan beragam variasi mobil yang membutuhkan suplai listrik.

Jika kapasitas aki terlalu kecil tentu akan mempengaruhi ketahanan aki, dan bahkan akan menyebabkan masalah kelistrikan pada mobil anda. Untuk itu jika perlu upgrade kapasitas aki mobil anda.

5. Hindari aki rekondisi

Hindari aki rekondisi atau aki bekas yang dibuat seolah-olah menjadi baru, jagan tergiur harga murah.

Tips terakhir dari kami Agar aki mobil tetap awet, selain memperhatikan cara-cara menggantinya, kamu juga perlu menggunakan aki yang berkualitas. Untuk mendapatkan aki mobil berkualitas dengan harga terjangkau, percayakan pada Shopee! Saat ini, sedang berlangsung promo Shopee Men Sale hingga tanggal 5 Februari yang menawarkan promo Gratis Ongkir Xtra, COD Gratis Ongkir Rp0, dan Flash Sale Rp99, juga sederet promo untuk produk-produk otomotif dari merek ternama di Shopee!

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar