Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Avatar of PortalMadura.com
Penulis: HartonoEditor: Hartono
Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami
Ilustrasi (istockphoto.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Masalah bau mulut dapat dialami oleh siapa saja dan hal tersebut 80% sukses menurunkan rasa percaya diri seseorang. Terlebih bagi seseorang yang sering berinteraksi dengan orang lain atau memiliki kebiasaan bicara di tempat umum, hal tersebut sudah jelas sangat mengganggu.

Bau mulut yang tidak sedap seringkali disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah kebersihan gigi dan mulut yang tidak terjaga. Yang kemudian menyebabkan penumpukan plak dan karang gigi yang menjadi tempat tumbuhnya bakteri penyebab bau mulut.

Selain kebersihan mulut yang kurang terjaga, bau mulut juga bisa disebabkan oleh mulut kering karena kebiasaan kurang baik seperti kurang tidur atau kurang mengkonsumsi air putih, merokok atau bahkan sedang mengalami penyakit lambung dan radang amandel.

Bagi Anda yang mengalami bau mulut, tetap tenang. Berikut ini ada beberapa cara menghilangkan bau mulut secara alami yang bisa Anda coba.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Pada dasarnya, kunci utama untuk menghilangkan bau mulut adalah dengan menjaga kesehatan gigi dan juga mulut, seperti:

Rutin Membersihkan Lidah

Lidah juga menjadi salah satu bagian dari mulut yang harus dibersihkan secara rutin. Anda dapat membersihkan lidah dengan bagian belakang sikat gigi atau lebih bagus menggunakan tongue scraper yakni sebuah sikat khusus untuk lidah.

Bersihkan lidah secara lembut dan jangan tekan terlalu keras supaya lidah tidak terluka.

Baca Juga:  Bersama PDIP dan SAI, Pendaftar Operasi Mata Katarak Gratis Tembus 348 Orang

Sikat Gigi Dua Kali Sehari

Menyikat gigi secara teratur dan rutin juga tidak kalah pentingnya. Sikatlah gigi di pagi hari dan saat menjelang tidur di malam hari. Pilihlah sikat gigi berbulu halus dan pasta gigi dengan kandungan fluoride di dalamnya. Ingat, bersihkan dengan lembut dan perlahan ya.

Berkumur dengan Obat Kumur

Bau tidak sedap pada mulut bisa diatasi dengan berkumur menggunakan obat kumur untuk membunuh bakteri penyebab bau mulut tersebut. Selain itu, obat kumur juga ampuh menyegarkan nafas dan memberikan perlindungan lebih pada kesehatan mulut sehingga bebas dari bakteri-bakteri jahat penyebab masalah mulut dan gigi.

Banyak Minum Air Putih

Bau mulut erat kaitannya dengan mulut kering, sehingga cara mengatasi bau mulut secara alami yang paling cepat adalah dengan minum air putih yang cukup. Air putih dapat melembabkan mulut sekaligus membilas bakteri penyebab bau mulut dan berbagai penyebab masalah mulut lainnya.

Flossing

Cara mengatasi bau mulut selanjutnya adalah dengan melakukan flossing sekali sehari. Tujuan dari flossing ini adalah untuk membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan dan juga bakteri-bakteri yang bersembunyi di sela-sela gigi. Dengan begitu mulut akan bebas dari bau mulut dan juga berbagai masalah gigi seperti gigi berlubang atau penumpukan kerak gigi.

Ganti Sikat Gigi Secara Rutin

Tidak hanya gigi dan mulut saja yang harus dibersihkan, peralatan yang digunakan untuk membersihkan gigi serta mulut juga sangat penting untuk dibersihkan. Membiarkan peralatan gigi digunakan terlalu lama berpotensi menyebabkan penumpukan bakteri penyebab bau mulut.

Baca Juga:  Ambunten dan Lenteng Tertinggi, PMK Merambah Kepulauan Sumenep

Minum Yogurt

Produk olahan susu yang satu ini dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh karena bakteri baik yang dimilikinya. Tidak hanya enak untuk dikonsumsi saja, ternyata bakteri lactobacillus yang terkandung di dalamnya mampu menghilangkan bau mulut secara alami dan cepat.

Minum Teh Hijau

Ingin bau mulut hilang bonus perut ramping? Minum teh hijau secara rutin bisa menjadi solusinya. Selain dipercaya sebagai minuman penurun berat badan, ternyata teh hijau juga mampu menghilangkan bau mulut karena sifat desinfektan yang dimilikinya.

Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi dengan masalah bau mulut ya. Atasi segera dengan berbagai cara menghilangkan bau mulut secara alami di atas dan tingkatkan rasa percaya diri Anda.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.