oleh

Cara Mengobati Berbagai Penyakit dengan Tanaman Patah Tulang

PortalMadura.Com – Pemakaian tanaman patah tulang sebagai obat tradisional tentu harus mengikuti beberapa proses agar dapat menyembuhkan penyakit.

Untuk lebih lengkapnya berikut ini adalah beberapa cara pemakaian tanaman patah tulang untuk mengobati penyakit :

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Obat dari Tanaman Patah Tulang

1. Kulit tertusuk duri atau pecahan kaca.

Bagian tubuh atau kulit yang tertusuk duri atau kaca kita olesi dengan getah patah tulang, getah patah tulang dapat mengeluarkan duri atau kaca dengan sendirinya.

2. Kapalan (clavus) dan kutil.

Ambil 1/2 kg dahan dan ranting patah tulang. Setelah dicuci bersih rebus dengan 4 liter air sampai airnya berkurang menjadi 2 liter. Bagian tubuh atau kulit yang mengalami kutil   atau kapalan direndam dalam air rebusan patah tulang tadi   dalam keadaan hangat selama kurang lebih 1/2 jam. Setelah dikeringkan oleskan param yang terbuat dari trusi yang telah ditumbuk halus dicampur putih telur, lalu dibalut.

3. Patah tulang (fraktur)

Untuk Anda yang mengalami patah tulang (fraktur) dapat menggunakan beberapa cara, yaitu :

  • Kulit diatas tulang yang patah digosong dengan getah patah tulang.
  • Kulit luar dahan patah tulang digiling halus, tempelkan diatas tulang yang patah, kemudian dibalut.
  • 3/4 genggam tangkai dan daun patah tulang, 1 genggam daun srigi, dicuci lalu digiling halus. Remas dengan 4 sendok air garam, dihangatkan sebentar. Dipakai untuk menurap bagian tubuh yang patah,  lalu dibalut dengan daun bakung/kulit randu. Diganti 2 x sehari.

4. Untuk penyakit frambusi

Siapkan 1/2 genggam patah tulang, 1/2 kepalan tangan gadung cina, dicuci lalu kita tumbuk sampai halus. Aduk dengan 1 sendok getah buah kendondong dan dua sendok makan getah buah pepaya muda. Ramuan ini kita gunakan untuk melumas atau menurap kulit yang sakit. Lakukan dua kali sehari.

5. Untuk obat tahi lalat yang besar dan gatal.

Tahi lalat kita gosok dengan air jeruk nipis, lalu dengan kapas tahi lalat dilumasi dengan getah patah tulang. Lakukan terapi ini benerapa kali sehari, bila  sudah kering diulang. Hati-hati jangan sampai terkena mata.

6. Sakit gigi.

Ambil Beberapa tetes getah patah tulang dengan kapas yang bersih, kemudian kita lumaskan pada gigi yang sakit dan berlubang. Lakukan terapi ino 1-2 kali sehari, hati-hati jangan sampai mengenai gigi yang sehat.

Catatan : Getah patah tulang berbahaya bagi mata, dapat menyebabkan buta. Bila getah patah tulang masuk kemata cepat bilas dengan air kelapa atau santan.

Mengenal Tumbuhan Patah Tulang

Pohon Patah Tulang dalam bahasa (Euphorbia tirucalli) merupakan jenis tumbuhan perdu yang tumbuh tegak dengan tinggi 2-6 meter.

Tumbuhan ini memiliki ranting yang bulat silindris berbentuk pensil, beralur halus membujur, dan berwarna hijau. Setelah tumbuh sejengkal, akan bercabang dua yang letaknya melintang, demikian seterusnya sehingga tampak seperti percabangan yang terpatah-patah.

Daunnya jarang, berselang-seling,terdapat pada ujung ranting yang masih muda, dan berukuran kecil-kecil. Berbentuk lanset, panjangnya 7-22 mm, dan cepat rontok.Penumpu daun yang sangat kecil berkelenjar dan berbulu halus terletak pada bagian bawah daun.

Bunganya uniseksual,tersusun dalam mangkuk, warnanya kuning kehijauan, dan keluar dari ujung ranting.Biasanya, tumbuhan ini lebih banyak menghasilkan bunga jantan ketimbang bunga betina. Patah tulang berbunga pada bulan Oktober dan berbuah pada November-Desember dan penyerbukan dilakukan oleh serangga.

Inilah beberapa khasiat tanaman patah tulang untuk kesehatan, jenis tanaman sederhana yang dapat kita manfaaatkan untuk kesehatan kita. Semoga bermanfaat dan Anda cepat sembuh. (agrobisnisinfo.com/Diyah)

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar