17 Tips Cara Merawat Wajah Berminyak

Avatar of PortalMadura.com
Penulis: Tim PortalMadura.com
17 Tips Cara Merawat Wajah Berminyak
17 Tips Cara Merawat Wajah Berminyak

PortalMadura.com- sering dianggap sebagai masalah bagi sebagian orang. Kulit berminyak sering disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk genetika, perubahan hormonal, diet, stres, penggunaan obat-obatan tertentu, mencuci muka secara berlebihan, pilihan kosmetik yang buruk, dan banyak lagi.

Mereka percaya bahwa wajah berminyak mempengaruhi penampilan mereka. Namun, sebenarnya ada banyak cara untuk merawat wajah berminyak ini agar tidak mengganggu Anda.

Baca Juga

Bahkan wajah yang terlalu kering bukanlah tanda kulit yang sehat.

American Academy of Dermatology (AAD) menyatakan bahwa sementara kulit berminyak dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan peningkatan , kulit berminyak memiliki beberapa manfaat.

Minyak ini membantu menjaga kulit, dan orang dengan kulit berminyak cenderung memiliki lebih sedikit kerutan dan kulit lebih tebal.

Lebih lanjut AAD mengatakan bahwa kunci cara merawat wajah berminyak adalah dengan menjaga keseimbangan agar tidak berlebihan.

Cara merawat wajah berminyak dimulai dari membersihkan, memilih produk yang digunakan hingga membuat wajah dari bahan alami.

Cara Merawat Wajah Berminyak

Berikut tips cara merawat wajah berminyak yang kami rangkum dari berbagi sumber seperti American Academy of Dermatology Association (AAD).

1. Cuci muka secara teratur

Cara pertama untuk merawat wajah berminyak adalah dengan sering mencuci muka. AAD merekomendasikan untuk mencuci muka setiap pagi, sore dan setelah berolahraga, sebaiknya tanpa menggosok kulit, apalagi dengan keras. Ini karena menggosok kulit dapat mengiritasi dan memperburuknya.

2. Pilih produk “bebas minyak” dan “non-komedogenik”

Cara kedua untuk merawat wajah berminyak adalah dengan memilih pembersih, pelembab, dan riasan yang berlabel “bebas minyak” dan “non-komedogenik”. Pasalnya, memilih produk dengan label tersebut dapat mencegah tersumbatnya pori-pori penyebab jerawat.

3. Gunakan pembersih berbusa ringan

Anda harus menggunakan pembersih ringan daripada pembersih yang kuat, karena menggunakan pembersih yang terlalu keras dapat mengiritasi kulit dan meningkatkan produksi minyak. Jadi temukan dan gunakan pembersih berbusa yang lembut.

4. Jangan gunakan yang mengandung minyak atau alkohol

Anda tidak disarankan menggunakan pembersih berbahan dasar minyak atau berbasis alkohol setelah disarankan untuk menggunakan pembersih wajah yang ringan. Hal ini karena dapat mengiritasi kulit Anda.

5. Gunakan Pelembab Secara Teratur

Meski Anda memiliki kulit berminyak, bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan pelembab. Menggunakan krim pelembab merupakan salah satu cara merawat wajah yang berminyak dan tidak boleh dilewatkan.

Pelembab tetap dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap terhidrasi.

Anda dapat mencari pelembab yang mengandung SPF 30 atau lebih tinggi, tabir surya ringan, bebas minyak, dan berbasis air.

6. Gunakan Produk Asam Salisilat

Medical News Today melaporkan bahwa untuk pengelupasan kulit yang lembut, yang terbaik adalah menggunakan eksfoliator mingguan yang mengandung asam salisilat.

Ini akan membantu menghilangkan sel kulit mati, minyak berlebih, dan kotoran lainnya.

Sementara itu, setelah Anda membersihkan kulit dengan mencuci muka, Anda bisa menggunakan toner yang mengandung asam salisilat, asam glikolat, dan asam laktat, menurut Healthline.

7. Gunakan tabir surya di luar ruangan

Tabir surya atau tabir surya akan membantu mencegah kerusakan akibat sinar matahari yang dapat menyebabkan keriput, bintik-bintik penuaan, dan kanker kulit.

Tabir surya dengan wewangian atau wewangian dan minyak tidak dianjurkan. Anda dapat mencegah jerawat dengan menggunakan tabir surya yang mengandung zinc oxide dan titanium dioxide.

8. Pilih riasan bebas minyak

Cara merawat wajah berminyak selanjutnya tentu saja memilih riasan yang tepat. Selain pembersih wajah, Anda juga perlu memilih riasan yang “bebas minyak”, sebaiknya yang berbahan dasar air.

9. Hapus Riasan Sebelum Tidur

Anda harus selalu menghapus riasan sebelum tidur. Hal ini karena riasan atau makeup yang tertinggal di kulit semalaman dapat menyumbat pori-pori dan mengiritasi kulit.

Anda dapat menghapus riasan dengan pembersih ringan dengan pH seimbang. Ketuk perlahan dengan kapas atau kain bersih, jangan digosok.

10. Gunakan kertas isap sepanjang hari

AAD merekomendasikan cara berminyak selanjutnya dengan menggunakan kertas blotting untuk menyerap minyak berlebih dari permukaan kulit. Anda dapat dengan ringan menekan kertas di wajah Anda dan diamkan selama beberapa detik.

Sebaiknya jangan menggosok kertas di wajah Anda karena dapat menyebarkan minyak ke area lain.

11. Jangan terlalu sering menyentuh wajah

Satu hal sederhana yang tidak boleh dilakukan dan sering tidak disadari adalah terlalu sering menyentuh wajah. Sering menyentuh wajah akan menyebarkan kotoran, minyak, dan bakteri dari tangan ke wajah.

Jadi yang terbaik adalah menyentuh wajah Anda saat membersihkan, mengoleskan pelembab, tabir surya, riasan, dan pastikan untuk membersihkan tangan terlebih dahulu.

12. Konsumsi makanan rendah glikemik

Makanan dan minuman dengan kadar glikemik tinggi dapat memicu peradangan dan produksi sebum karena dengan cepat meningkatkan gula darah, kata AAD.

Oleh karena itu, orang dengan kulit berminyak dapat mengikuti diet rendah glikemik, yang dapat mengurangi jumlah jerawat.

Makanan rendah glisemik, termasuk sayuran segar, buah-buahan segar, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sereal.

13. Mengurangi stres

Menurut Medical News Today, stres melepaskan hormon, seperti kortisol, yang membantu produksi sebum. Oleh karena itu, mengurangi stres dapat mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit.

Ada aktivitas yang bisa Anda coba untuk melepaskan stres, seperti yoga, meditasi, menghindari alkohol, tidur nyenyak, berolahraga, dan tetap terhidrasi.

14. Gunakan Madu

Madu adalah bagian dari perawatan untuk wajah berminyak karena merupakan salah satu pengobatan kulit yang paling umum digunakan.

Madu memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang bermanfaat untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Untuk menggunakan madu pada kulit berminyak dan berjerawat, Anda hanya perlu mengoleskannya tipis-tipis ke wajah. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

15. Oatmeal

Cara merawat wajah berminyak secara alami juga bisa dilakukan dengan menggunakan oatmeal. Menurut Healthline, oatmeal dapat membantu menenangkan kulit yang meradang, membantu mengelupas kulit mati dan menyerap minyak berlebih.

Anda bisa membuat masker dengan mencampurkan oatmeal dengan yogurt, madu, pisang, apel atau pepaya.

Cara membuatnya mudah, cukup campurkan 1/2 cangkir oatmeal dengan air panas. Setelah itu, tambahkan satu sendok makan madu dan oleskan pasta ke wajah Anda selama tiga menit, lalu bilas dengan air hangat.

Anda juga dapat membiarkannya selama 10 hingga 15 menit.

16. Lidah Buaya

Anda juga dapat menggunakan rangkaian lidah buaya untuk merawat kulit berminyak secara alami. Lidah buaya dikatakan dapat membantu merawat kulit bersisik yang disebabkan oleh bercak berminyak. Banyak orang juga menggunakan lidah buaya untuk kulit berminyak.

Caranya juga sangat sederhana, oleskan tipis-tipis lidah buaya pada wajah sebelum tidur dan biarkan keesokan paginya.

Jika Anda ingin tahu apakah Anda memiliki reaksi alergi, jika Anda belum menggunakannya, Anda dapat mencoba sedikit di lengan Anda terlebih dahulu.

17. Tomat

Tomat merupakan tanaman yang mengandung asam salisilat. Karena itu, tomat adalah cara yang bagus untuk merawat kulit berminyak. Asam dalam tomat membantu menyerap minyak berlebih dan membuka pori-pori yang tersumbat.

Untuk membuat masker tomat, Anda hanya perlu mencampurkan satu sendok teh gula dengan tomat yang sudah dihancurkan. Setelah itu, oleskan ke wajah dengan gerakan melingkar.

Biarkan selama lima menit, lalu bilas dengan air hangat. Selain digunakan sebagai masker, irisan tomat juga bisa dioleskan langsung ke kulit.

Itulah beberapa tips Cara Merawat Wajah Berminyak yang bsia kami bagikan untuk anda.(*)

Dapatkan Barang Elektronik Dengn Harga Termurah Cek >> Rekomendasi Elektronik.
Jangan Lupa Ikuti kami di Google Berita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.