Cara Mudah Ajarkan Anak Bersepeda Roda Dua

Avatar of PortalMadura.Com
Cara Mudah Ajarkan Anak Bersepeda Roda Dua
ilustrasi

PortalMadura.Com – Naik sepeda menjadi aktivitas fisik yang menyenangkan bagi setiap . Orang tua punya peran penting dalam mengajarkan anak bersepeda khususnya roda dua. Keseimbangan dan mengenalkan keamanan dalam bermain sepeda menjadi hal yang penting.

Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam mengajari anak bersepeda.

Pilih Sepeda yang Sesuai dengan Postur Tubuh

Bunda bisa memilih sepeda yang sesuai dengan postur tubuh si Kecil, sehingga lebih mudah dikendalikan. Kalau bisa, sadel sepeda tidak terlalu tinggi sehingga dia masih bisa menapak ke tanah. Jadi, bila sepeda oleng, dia bisa langsung bertumpu pada kedua kaki. Bila sudah mahir dengan sepeda kecil, anak tidak akan menemukan kesulitan yang berarti untuk naik sepeda roda dua lain meskipun ukurannya lebih besar.

Berlatih Bersama Teman Sebaya

Latihan bersepeda bisa dilakukan di tempat yang ramai. Misalnya di lapangan di tengah perumahan di mana si Kecil biasa bermain dengan teman-temannya yang sudah bisa bersepeda. Hal ini akan memberinya motivasi untuk bisa bersepeda, karena tidak mau kalah dengan temannya.

Beri Bantuan Roda

Sebelum piawai menggunakan sepeda roda dua, Bunda bisa memberikan tambahan roda pada ban belakang untuk menjaga keseimbangan. Kedua roda kecil menumbuhkan rasa aman dalam diri anak. Pastikan si Kecil sudah sangat mahir bersepeda roda dua, sebelum akhirnya Bunda melepaskan roda tambahan tersebut.

Memotivasi

Berikan pemahaman tentang pentingnya bersepeda roda dua pada si Kecil. Bilang padanya kalau kegiatan ini dapat membuat tubuh lebih sehat. Selain itu, keterampilan bersepeda roda dua merupakan dasar dari cara menjaga keseimbangan diri. Sehingga dia bisa mengunakan teknik yang sama untuk mempelajari beberapa permainan lain, seperti papan luncur, sepatu roda, bahkan sepeda motor bila dia dewasa nanti

Tuntun dan Beri Arahan

Bila si Kecil masih merasa takut belajar sepeda roda dua, orang tua bisa menuntun sepedanya dan memberi arahan untuk mengendarainya. Saat anak sudah mulai menyesuaikan diri dan seimbang, Ayah atau Bunda bisa melepaskan pegangannya perlahan. Pastikan ia sudah percaya diri, sebelum orangtua membiarkannya melaju bersama sepeda roda dua.

Jangan Marah

Jangan marah bila si Kecil jatuh atau menabrak suatu barang. Bunda justru harus membesarkan hatinya. Kemudian tetap memberi semangat padanya untuk terus belajar bersepeda roda dua.

Anda  tidak boleh menyerah untuk terus mengajarkan si Kecil naik sepeda roda dua. Sebab, proses belajar mengendarai sepeda menumbuhkan keberanian dalam dirinya. Bersepeda juga memiliki manfaat lain seperti menstimulasi tumbuh kembang anak, dan juga melatih konsentrasinya. (dancow.co.id/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.