5 Cara Mudah Ajarkan Anak Mengenal Warna

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Mudah Ajarkan Anak Mengenal Warna
Ilustrasi (kumparan.com/Pixabay)

PortalMadura.Com – Anak-anak sering mempelajari nama-nama kata benda sebelum mereka mempelajari kata-kata yang lebih deskriptif mengenai suatu benda (misalnya, -warna dari benda tersebut).

Biasanya anak-anak akan memiliki kemampuan mengenal nama-nama warna pada saat ia akan beranjak usia 5 tahun. Pada usia ini, anak seharusnya sudah dapat mengenal paling tidak 4 nama warna.

Dilansir dari laman Popmama.Com, Sabtu (25/7/2020) berikut ini cara-cara mengenalkan warna pada anak sejak dini.

Kaitkan Warna dengan Objek Tertentu

Anda dapat mengaitkan warna dengan objek tertentu saat Anda lihat bersama si Kecil. Misalnya saat sedang berjalan-jalan di taman Anda dapat menjelaskan bahwa daun itu berwarna hijau itu daun, bunga ada yang berwarna merah, matahari berwarna kuning dan langit berwarna biru.
Penjelasan yang berulang-ulang akan terekam kuat di memori anak sehingga ia akan mampu dengan baik.

Sisipkan Dalam Percakapan Sehari-hari

Anda dapat menyisipkan pelajaran mengenai warna dalam percakapan sehari-hari dengan si Kecil. Misalnya dengan mengatakan “Kamu ganteng sekali deh kemarin waktu pakai baju biru”. Anda juga bisa memancing si Kecil dengan meminta bantuan tertentu misalnya meminta untuk mengambilkan buku berwarna merah dan lain sebagainya.

Menyisipkan pelajaran mengenai warna dalam kehidupan sehari-hari, membuat otak anak akan semakin terasah sehingga ia akan mampu membedakan warna dengan baik.

Mulai Dari Warna Dasar

Sebagai tahap awal mengenal warna, sebaiknya Anda harus memperkenalkannya mulai dari warna dasar terlebih dahulu. Sebaiknya hindari warna campuran dan warna-warna lembut agar anak tidak bingung. Warna-warna dasar yaitu merah, kuning dan biru.

Setelah anak menguasai ketiganya barulah kenalkan warna turunannya yaitu hijau, merah muda, oranye dan lain sebagainya. Pengenalan secara bertahap ini diharapkan tidak membebani si Kecil terlalu berat akan banyaknya semua warna yang ada.

Gunakan Alat Bantu

Mengasah kecerdasan si Kecil dalam mengenali warna melalui alat bantu misalnya kertas warna dan crayon maupun pensil warna.

Ajak anak untuk menggambar dan mewarnai sembari dipancing dengan beberapa pertanyaan seperti “Ini bunganya adik warnai pakai warna apa?”. Setelah itu Anda bisa tahu apakah si Kecil sudah mulai paham tentang warna atau masih perlu belajar lagi.

Belajar Menggunakan Lagu

Sebagian besar anak pasti senang dengan lagu. Disetiap kesempatan mereka seringkali terdengar menyanyikan sebuah lagu. Oleh karena itu Anda dapat menggunakan lagu sebagai media belajar si Kecil dalam mengenal warna. Lagu seperti Pelangi maupun Balonku wajib ada dalam list.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.