IPTEK  

Notifikasi di Smartphone Android Anda Tak Muncul? Berikut Cara Mudah yang Bisa Anda Lakukan

Avatar of PortalMadura.com
Notifikasi di Smartphone Android Anda Tak Muncul? Berikut Cara Mudah yang Bisa Anda Lakukan
Ilustrasi (blogunik.com)

PortalMadura.Com – Terkadang masalah di smartphone memang tidak muncul. Hal ini perlu untuk Anda mengecek notifikasi pada perangkat Android. Karena bisa saja pesan yang masuk berupa pesan penting.

Namun Anda jangan khawatir, karena untuk mengecek notifikasi yang tidak muncul pada Android Anda tidak rumit. Dilansir dari laman Liputan6.Com, Rabu (16/9/2020), berikut langkah yang bisa Anda lakukan untuk aktifkan notifikasi pada Android:

Cek Pengaturan Notifikasi Aplikasi

Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui apakah memang tombol notifikasi yang diterima sudah aktif. Anda bisa melakukannya dengan membuka menu Settings, lalu pilih Notifikasi. Kemudian Anda dapat mengetahui apakah memang ada aplikasi yang tidak mati tombol notifikasinya.

Jika memang ada aplikasi di smartphone Android yang memiliki tombol notifikasi tidak aktif, Anda perlu mengaturnya menjadi Enabled, agar notifikasinya dapat diterima.

Matikan Fungsi Optimalisasi Baterai

Sebaiknya Anda menonaktifkan kemampuan optimalisasi daya baterai atau kemampuan adaptifnya. Karena saat fitur ini aktif, smartphone akan otomatis mengurangi kinerja sejumlah aplikasi, sehingga tidak jarang aplikasi yang dianggap jarang dipakai akan diistirahatkan, yang berimbas pada masuknya notifikasi.

Aktifkan Background Data

Langkah lain yang bisa Anda lakukan yakni mengecek fungsi Background Data di masing-masing aplikasi. Hal ini perlu untuk memastikan tiap aplikasi diizinkan untuk tetap mengakses data, meski tidak sedang dibuka.

Lihat Fitur Hemat Data

Apabila fitur ini aktif, tidak jarang fungsi data yang berjalan di background akan turut di hentikan, sehingga notifikasi tidak muncul. Sama seperti cara sebelumnya, langkah yang perlu dilakukan mungkin akan berbeda di masing-masing merek smartphone, tapi garis besarnya tetap sama. Anda tinggal membuka menu Settings, pilih Network, lalu buka Data Usage. Terakhir, mematikan tombol Data Saver.

Atur Ulang Aplikasi

Mengatur ulang aplikasi yang kesulitan menerima notifikasi. Anda dapat melakukannya dengan membuka menu Settings, pilih Apps dan buka aplikasi tersebut. Setelahnya, pilih Clear Cache.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.